Bola Kaki Lembata Mandul, Manuk Minta Segera Evaluasi Menyeluruh

0
149
Foto: Penjabat Bupati Lembata Sinun Petrus Manuk bersama Ketua DPRD Lembata Ferdinandus Koda Sedang Menuju Lapangan Polres Lembata Lembata untuk Membuka Kegiatan Poral Lembata

LEWOLEBA. NTTsatu.com – Higga saat ini perkembangan Bola Kaki di Kabupaten Lembata tidak berkembang atau mandul, karena itu Penjabat Bupati, Sinun Petrus Manuk meminta semua pihak terutama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga  Lembata harus melakukan evaluasi secara menyeluruh.

 “Saya minta Dinas PPO segera lakukan evaluasi menyeluruh sepak bola kita. Sampai hari ini kita belum bisa berbicara di luar kabupaten, ini harus segera dievaluasi untuk temukan strategi baru ke depannya demi kemajuan bola kaki kita.”kata Petrus Manuk dalam sambutannya pada Pekan Olahraga Rakyat Lembata (PORAL) dalam rangka meriahrayakan HUT Otnomi Kabupaten Lembata yang ke 17 pada Rabu, 26/10/16 di Lapangan bola kaki Polres Lembata.

Menurut Manuk, setiap tahun harusnya ada perbaikan dalam management persebakbolaan Kabupaten Lembata sehingga evaluasi itu dibutuhkan.

“Anak-anak kita sebetulnya banyak sekali memiliki kemampuan di bidang olahraga khususnya sepak bola sehingga yang harus menjadi perhatian adalah bagaimana  bakat-bakat yang ada ini dapat digali dan dikembangkan. Ini butuh management yang bagus sehingga sesegera mungkin dilakukan evaluasi menyeluruh agar di tahun-tahun kedepan ada peningkatan. Kita harus bisa berbicara diluar Kabupaten ini,” kata Manuk.

Selain menekankan pentingnya evaluasi, Piter Manuk juga mengharapkan agar kegiatan Poral yang diselenggarakan Pemda semakin mempererat tali persaudaraan antara seluruh kecamatan. Oleh karena itu sportifitas harus dijunjung tinggi.

Bagi Manuk, Poral tidak hanya sebagai ajang pengembangan prestasi tetapi yang paling penting adalah bagaimana ajang ini dapat mempererat persatuan seluruh masyarakat untuk menyukseskan semua agenda pembangunan yang ada khususnya momentum Hari Nusantara 13 Desember yang tinggal satu Bulan.

Sementara itu Ketua DPRD Lembata Ferdinandus Koda menekankan pentingnya pengembangan prestasi anak-anak muda dalam bidang olahraga.

Menurut Ferdi, setiap tahun pemerintah bersama DPRD tetap mengalokasikan anggaran untuk pengembangan bidang olahraga tetapi diakuinya mungkin anggaran yan dialokasikan belum seberapa sehingga masih ditemukan banyak kekurangan. Tetapi dirinya optimis bahwa ke depan akan ada peningkatan prestasi di bidang olaharaga khususnya sepak bola karena dirinya berjanji akan memperhatikan khusus hal ini dalam alokasi anggarannya.

“Pembahasan anggaran untuk 2017 akan segera kita lakukan maka saya titip ini untuk Penjabat Bupati untuk mengusulkan. Usulan Pemerintah terkait anggaran pengembangan olahraga akan sama-sama kita kaji demi peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten ini. Dana memang penting tetapi saya harapkan agar dana jangan menjadi halangan bagi kita untuk berprestasi,” katanya.

Poral yang diselenggarakan Pemda melalui Dinas PPO dalam kerjasama dengan Klub Sepak Wanted digelar dengan mungusung tema “Dengan Poral kita tingkatkan persatuan untuk menyukseskan Hari Nusantara 13 Desember 2016”. Kegiatan pembukaannya dimeriahkan marching band SMAN 2 Nubatukan, Paduan Suara SMA Frateran Don Bosco Lewoleba serta Sanggar Seni SMP Lolon Dolor Leuwayan Kedang.(Humas TI Setda Lembata)

Komentar ANDA?