BPK NTT Gelar Media Gathering

0
174

KUPANG. NTTsatu – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi NTT, Selasa, 7 April 2015 menggelar temu media (media gathering) di Kupang. Pertemuan ini dilakukan untuk menjalin kemitraan antara media dengan BPK

Kepala BPK Perwakilan NTT, Khabib Zainuri mengatakan, dia sangat berharap, media massa dapat menyajikan informasi yang berimbang, tidak tendensius, dan mampu mengedukasi masyarakat sehingga menimbulkan reaksi positif, optimis, dan bersikap kritis yang konstruktif. Hal ini akan sangat mendorong transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah untuk mendatangkan kesejahteraan publik.

Khabib mengatakan, sesuai amanat UUD 1945 dan UU Nomor 15 Tahun 2006, BPK melaksanakan tugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara dan selanjutnya menyampaikan hasil pemeriksaannya kepada lembaga perwakilan (DPR, DPD dan DPRD), serta kepada Pemerintah untuk ditindaklanjuti.

Untuk menjembatani arus informasi terkait tugas dan fungsi BPK kepada publik, kata Khabib, media massa memegang peran penting untuk meningkatkan pemahaman publik tentang hasil pemeriksaan dan tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK.

“Media Gathering yang mengundang pemimpin redaksi, wartawan/reporter, ataupun kontributor media massa di Provinsi NTT, baik media cetak maupun media elektronik merupakan satu langkah yang baik dimana kita bisa menyatukan langkah selanjutnya untuk melakukan control social yang berimbang bagi daerah ini,” kata Khabib.

Kegiatan media gathering ini dipandu oleh Kepala Sekretariat Perwakilan didampingi Kepala Sub Auditorat NTT I dan Kepala Sub Auditorat NTT II, serta beberapa pemeriksa BPK Perwakilan Provinsi NTT. Kegiatan yangfdimotori Subbagian Humas dan TU ini mengambil tema “Peningkatan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi BPK Perwakilan Provinsi NTT Melalui Sinergi Dengan Media Massa”.

Dalam pertemuan yang berjalan sangat familiar itu, BPK dan wartawan
saling mengungkap harapan satu sama lain. Selain itu juga menjadi ajang penyamaan persepsi kedua belah pihak terkait pelaksanaan tugas dan fungsi serta kedudukan BPK.

Sementara para wartawan berharap, BPK Perwakilan Provinsi NTT dapat lebih membuka akses informasi terkait hasil pemeriksaan dan tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK. Wartawan menyatakan mendukung kerja PBK namun selalu mengharapkan agar BPK jangan menutup diri terhadap informasi yang seharusnya diketahui masyarakat banyak, (bop)

Komentar ANDA?