BPMPD NTT Gelar Penilaian Desa di Kabupaten Rote Ndao

0
165
Foto: Ketua Tim Penilaian Desa /Kelurahan Tingkat Provinsi NTT Harun Al Rasid sulaiman saat bersama masyarakat di Rote Ndao

ROTE NDAO. NTTsatu.com – Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerjasama dengan BPMPD Kabupaten Rote Ndao , Mengelar Kegiatan Program Penilaian Desa.

Kegiata  ini merupakan kegiatan tahunan dan merupakan  Program Kementrian dalam Negeri (Kemendagri) tentang Instrumen Pengungkap Data dan Nilai Perkembangan Desa dan Kelurahan ,yang dilaksanakan mulai dari Tingkat Provinsi hingga Kabupaten di seluruh Indonesia.

Untuk Kabupaten Rote Ndao sendiri ada 1 Desa dan 1 Kelurahan yang akan dinilai yaitu Kelurahana Mokdale di Kecamatan Lobalain  dan  Desa Oelua di Kecamatan Rote Barat Laut. Keduan Desa/kelurahan tersebut masing masing keluar sebagai juara 1 pada Tingkat Kabupaten, oleh karena itu kedua Desa/Kelurahan tersebut berhak mengikuti penilaian  di tingkat Provinsi NTT.

Ketua Tim Penilaian Desa /Kelurahan Tingkat Provinsi NTT Harun Al Rasid sulaiman menjelaskan, sebanyak 10 kriteria yang akan di Nilai mulai dari tatanan Pemerintahan Desa/Kelurahan hingga  ke Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa/Kelurahan itu sendiri.

Lebih lanjut kata Harun, untuk Kabupaten Rote Ndao, tim melakukan penilaian kurang lebih selama satu minggu dimulai dari Desa Oelua dan berakir di Kelurahan Mokdale pada Sabtu, 18 Juni 2016 kemarin.

Harun menjelaskan, petunjuk yang dinilai sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan tentang Pengungkapan Data dan Nilai Perkembangan Desa dan Kelurahan ini merupakan Instrumen yang cukup obyektif untuk melihat dan menilai perkembangan Desa dan Kelurahan.

Penilaian mulai dari Bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan, Kinerja, Inisiatif dan Kreativitas dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan Berbasis Teknologi Imformasi, Pelestarian adat dan Budaya, Bidang Wilayah meliputi:batas wilayah, Inovasi, Tangap dan Siaga Bencana, pengaturan Investasi, Bidang Kemasyarakatan meliputi : partisipasi masyarakat, pemberdayaan kesejateraan keluarga, keamanan dan ketertiban.

Bidang lainnya yang ikut dinilai adalah bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi. Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Peningkatan Kapasitas Masyarakat.

Setelah itu tom juga akan melakukan tinjau di beberapa lokasi dimulai dari  Rumah Adat, tempat pembuatan dodol dari rumput laut serta Posyandu yang ada di desa Oelua.

“Dan setelah kami lakukan seluruh penilaian di Kabupaten, hasilnya akan dipresentasekan dengan tim dari kabupaten lainnya untik menentukan kejuaraan. Desa dan Kelurahan yang keluar sebagai juara di Tingkat Provinsi akan mengikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2016v di Istana Negara dan mereka akan mendapatkan penghargaan disana nantinya,”  kata Harun. (eno)

Komentar ANDA?