BPS ENDE GELAR RAPAT EVALUASI PENYELENGGARAAN STATISTIK  SEKTORAL (EPSS) 2024

0
135

NTTSATU.COM — ENDE — Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan pemanfaatan teknologi informasi, Bertempat di Aula Kantor BPS Kabupaten Ende, Rabu (26/6-2024) berlangsung Rapat Evaluasi Pasca penilaian Evaluasi Penyelengaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024 dan Rencana Penilaian EPSS Tahun 2025.  Dihadiri oleh Kepala BPS Ende, Asisten Administrasi Umum Hiparkus Heppy, SE, dan pimpinan OPD lainnya.

Kepala BPS Ende Martinus Tulit Beni, S.Si, M.Si saat membuka resmi kegiatan ini mengatakan data menjadi sangat strategis dalam pengambilan keputusan dan pengambilan kebijakan baik sebagai bahan evaluasi dan perencanaan kedepan hal ini sesuai dengan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Secara umum beberapa sumber data yang ada Dalam Satu Data Indonesia yakni data (Badan Pusat Statistik) BPS, data sektoral Kementerian/Lembaga/Organisasi Perangkat Daerah dan juga data khusus atau perorangan.

Martinus Tulit Beni menjelaskan bagaimana upaya bersama untuk meningkatkan data sektoral dari Organisasi Perangkat Daerah sehingga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan bahan perencanaan.  Dalam Satu Data Indonesia, BPS sebagai Pembina data termasuk dengan kegiatan statistik di OPD yang dapat diwujudkan dalam penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral.

Menurutnya kegiatan sektoral di OPD dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan standart data dalam SDI membutuhkan peran dari BPS sebagai Pembina data dan OPD sebagai produsen data.

Indikator yang dihasilkan dari EPPS yaitu Indeks Pembangunan Statistik (IPS) dengan Domain, Aspek dan Indikator-indikator yang sudah di tentukan pada Aplikasi Simbatik.

Pada EPSS Tahun 2024 Perangkat Daerah yang di evaluasi Kegiatan Statistiknya adalah Dinas Kesehatan Kabupaten Ende dan Dinas Pertanian Kabupaten Ende. Sedangkan Penentuan Perangkat Daerah EPSS Tahun 2025 yang akan dinilai yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ende dan Dinas Perikanan Kabupaten Ende.

Asisten Administrasi Umun Sekda Ende Hiparkus Heppy, SE dalam materinya pada kesempatan ini menyampaikan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia (SDI) dimana tujuan satu data Indonesia diantaranya mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Intansi Daerah sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan. (ino)

=======

Foto: Kepala BPS Ende Martinus Tulit Beni SST MSi bersama Asisten Adminstrasi Umum Hiparkus Heppy, SE.

Komentar ANDA?