BULAN APRIL INFLASI KOTA BAJAWA 2,55 PERSEN PEMICU HARGA BERAS NAIK

0
749

NTTSATU.COM — BAJAWA —  Badan Pusat Statistik Kabupaten Ngada mencatat bahwa pada April 2024, Kota Bajawa mengalami inflasi sebesar 2,55 persen (secara bulanan/ MtM), dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 106,09.

Demikian disampaikan kepala Badan Pusat Statistik kabupaten Ngada Ivadia Elmina Patola SST MT dalam berita resmi statististik 2/5/24
Di kantor BPS Kabupaten Ngada .

Menurut ivadia pemicu inflasi terbesar di Kota Bajawa adalah terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya beberapa indeks kelompok pengeluaran, yaitu: kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 11,76 persen; kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 6,75 persen; kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 6,19 persen; kelompok pendidikan sebesar 0,24 persen; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,05 persen.

Sementara itu, kelompok pengeluaran lain menurut Ivadia mengalami penurunan, yaitu kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 3,39 persen; kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 2,24 persen; kelompok transportasi sebesar 2,06 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 1,56 persen; kelompok kesehatan sebesar 0,86 persen; dan kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,45 persen.

Meskipun isu nasional kenaikan harga beras berhasil ditangani relatif baik di Kota Bajawa, namun jika dilihat secara tahunan harga beras dan tarif angkutan udara masih menjadi pendorong utama terjadinya inflasi yang cukup tinggi. Oleh karena itu perlu kerja sama semua stakeholder agar dapat menjaga daya beli masyarakat tetap stabil. (ino)

Komentar ANDA?