Bupati Ende Bangga, Ubi Nuabosi Jadi Verietas Nasional

0
227

KUPANG. NTTsatu – Bupati Ende, Marsel Petu mengaku sangat bangga karena ubi nuabosi yang selama ini menjadi ikon makanan khas dari Ende akan ditetapkan menjadi salah satu verietas nasional pada bulan Agustus 2015 mendatang.

“Kita bangga sekali, karena ubi Nuabosi yang memiliki citra khas dari ubi kayu lainnya di daerah manapun masuk menjadi salah satu verietas nasional. Kebanggan ini akan lebih dirasakan oleh masyarakat di Nuabosi yang sudah sejak lama mengembangkan jenis ubi bercita rasa khas ini,” kata Bupati Marsel Petu di Kupang, Selasa, 31 Maret 2015.

Di sela-sela mengikuti kegatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Msrenbang) Provinsi NTT di Aula El Tari Kupang, Marsel Petu mengatakan, Pemerintah Kabupaten Ende telah mengusulkan ubi nuabosi ke Departemen Pertanian RI untuk ditetapkan sebagai salah satu verietas nasional. Usulan itu diterima dan akan ditetapkan pada bulan Agustus mendatang.

Bupati mengatakan, penetapan ubi nuabosi menjadi salah satu verietas nasional maka, ubi nuabosi ini akan diakui secara nasional sebagai salah satu makanan khas nasional.

Ditanya, setelah ditetapkan menjadi salah satu verietas nasional apa yang harus dilakukan, Marsel Petu menjelaskan, pemerintah Kabupaten Ende bersama masyarakat agar memperluas area ubi nuabosi sehingga keberadaan ubi tersebut bisa semakin dikenal di tingkat nasional.
“Kita tentu akan mendukung dengan dana, tetapi saya belum bisa sebutkan berapa dana yang akan dianggarkan untuk tujuan tersebut,” katanya. (bop)

Komentar ANDA?