Citra Hilal nampak Pada pukul 17.43 Wita

0
176
Foto: Hasil Pantauan BMKG NTT memantau Citra Hilal di masjid Nurul Hidayah Kelapa Lima Kupang,

NTTsatu.com – KUPANG – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) NTT memantau Citra Hilal di masjid Nurul Hidayah Kelapa Lima Kupang, dan pada pukul 17.43 waktu indonesia tengah (Wit) Citra Hilal muncul.

Stap BMKG NTT, bidang Observasi, Umaryadi Wiboyo mengatakan bahwa Citra Hilal muncul pada pukul 17.43 wit waktu matahari terbenam 3 derajat kemudian umur bulan 7 jam 12 menit 36 detik dan kecerahan mencapai 0,18 persen fitrah.

“Di Indonesia bagian tengah Citra Hilal muncul pada pukul 17.43 dengan kecerahan 0,18 persen”. jelasnya.

Lanjutnya, Setelah mendapat Citra Hilal maka langsung diverifikasi oleh saksi yakni H. Said Sagran dan H. Muhammad Moa dengan Hakim Muhammad Syauki S. Dasy dari Pengadilan Agama NTT dengan mengambil sumpah bahwa Citra Hilal telah nampak di Indonesia bagian tengah pada pukul 17.43.

“Setelah melihat fitra kita akan di ambil sumpah untuk mempertanggung jawabkan kunculan Citra Hilal tersebut” katanya.

Cuaca sangat mempengahuri dalam pengamatan Citra Hilal tersebut dengan kecerahan 0.18 persen

Semakin ke barat waktunya semakin mundur, jadi yang melihat Citra Hilal lebih dahulu adalah Indoesia bagian timur kemudian Indonesia bagian Tengah dan yang terakhir Indonesia bagian barat, semakin ke barat bulan semakin tua dan semakin tinggi dan kecerahannya semakin besar. (Ambu).

Komentar ANDA?