Cuaca Buruk di NTT Karena Tekanan Rendah di Australia

0
141
Foto: Gelombang laut (ist)

KUPANG. NTTsatu.com – Cuaca buruk berupa angin kencang dan tingginya gelombang laut yang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) sepekan terakhir ini karena adanya tekanan rendah di perairan barat laut Australia.

“Dampak dari angin kencang tersebut menyebabkan tinggi gelombang yang cukup signifikan di perairan NTT,” kata Prakirawan BMKG El Tari Kupang, Sti Nenotek, Selasan, 7 Februari 2017.

Tinggi gelombang laut ini terjadi di perairan terluar dan perairan yang secara geografis berada di dekat daerah bertekanan rendah tersebut.

Gelombang tinggi terjadi hampir di seluruh perairan NTT, terutama di Sekkat Sumba dengan ketinggian gelombang antara 1,5 – 4 meter dan di perairan selatan Pulau Sumba berkisar 2,5- 5 meter. Karena itu, dihimbau kepada pelayaran agar waspada saat melaut.

Di Kupang, NTT, misalnya nelayan memilih untuk menambatkan perahunya di tepi pantai, karena cuaca buruk yang melanda daerah itu. Akibatnya ketersediaan ikan di Kota Kupang mulai langka, dan harganya melambung tinggi.

“Kami tidak bisa melaut sudah sepekan ini,” kata Lius, salah seorang nelayan di Kota Kupang. (nttterkini/bp)

Komentar ANDA?