Dalam Dua Tahun, Wilayah Perbatasan Makin Baik

0
129
Foto: Wajah Peratasan RI dan Timor Leste di Motaain, Kabupaten Belu (ist)

NTTsatu.com –  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa sepanjang dua tahun ini pembangunan daerah perbatasan sangat mengesankan. Kini, wajah perbatasan secara fisik melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) ataupun jalan-jalan di sekitar daerah perbatasan terlihat membaik.

Namun dalam membangun perbatasan tidak dilakukan oleh satu kementerian saja. Hal ini dikarenakan dana anggaran perbatasan disebar di beberapa kementerian terkait.”Anggaran perbatasan itu ada di 28 kementerian. Memang secara fisik dilakukan oleh Kementerian PUPR,” ujar Tjahjo di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa 17 Januari 2017.

Dia memaparkan, dalam tahun 2017 ini, fokus terpenting adalah membangun seluruh kawasan ekonomi untuk tumbuh. Prioritasnya saat ini adalah membangun pasar tradisional, membangun puskesmas dengan fasilitas rawat inap, dan membangun koperasi dengan baik.

“Tak lupa juga memperbanyak cabang Bank BUMN serta membangun lebih banyak ATM dan lainnya,” lanjutnya.

Namun dalam pembangunan ini, ternyata Tjahjo mengatakan masih banyaknya masukan yang ada.

“Terutama mengenai keamanan. Kita masih banyak dapat laporan mengenai dimintanya meningkatkan keamanan,” ujarnya.

Pembangunan daerah perbatasan ini akan dilakukan dari Sabang hingga Merauke. Dia menargetkan, seluruh pemangunan daerah perbatasan akan rampung seluruhnya pada akhir 2018. (*/bp)

Komentar ANDA?