Danrem : Wawasan kebangsaan Perlu Ditanamkan Sejak Dini

0
169
Foto: Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa foto bersama para pelajar usai apel bendera bersama

NTTsatu.com – KUPANG – Korem 161/Wira Sakti bekerja sama dengan SMA Katholik Giovanni Kupang menggelar upacara bendera gabungan, Senin (28/8) bertempat di Lapangan Upacara SMA Katholik Giovanni, Jl. Achmad Yani, Kupang.

Penyelenggaraan upacara bendera gabungan tersebut diikuti oleh 2000 lebih siswa-siswi pelajar dari SD Katholik Don Bosco 1, 2, 3 dan 4, SMP Katholik Giovanni, SMP Santa Theresia, SMA Khatolik Giovanni dan SMK Negeri 2 Kupang. Para siswa-siswi begitu antusias mengikuti jalannya upacara bendera yang dipimpin langsung oleh Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M., yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Danrem 161/Wira Sakti menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas semangat dan antusias yang ditunjukkan oleh para peserta upacara.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta atas semangat dan antusias adik-adik siswa-siswi pelajar sekalian”, kata Danrem.

Pada kesempatan ini Danrem juga menekankan arti penting terkait wawasan kebangsaan, Nasionalisme, Patriotisme, Cinta tanah air dan Bela Negara yang perlu ditanamkan sedini mungkin bagi para siswa-siswi pelajar sebagai generasi penerus bangsa yang harus mempertahankan keutuhan Nusa dan Bangsa.

Danrem juga menyampaikan tentang empat konsensus Nasional kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merupakan empat hal yang tidak bisa dipisahkan yang perlu dijaga dan dirawat kesinambungannya karena semua itu yang paling sesuai dengan kharakter Bangsa Indonesia yang beranekaragam.

Terakhir danrem berpesan kepada seluruh siswa- siswi pelajar agar memanfaatkan kesempatan yang ada sebaik mungkin dengan belajar yang tekun mampu berkarya di segala bidang yang bermuara pada prestasi yang dapat membanggakan diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

“Hindari segala hal yang negatif seperti Narkoba, perkelahian pelajar, seks bebas, kenakalan remaja ataupun hal-hal lain yang dapat merugikan diri sendiri dan masa depan kita”, pesan mantan Wadanjen Kopassus tersebut.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Katholik Giovanni Kupang RD Yasintus Efi, P.r, S.Fil., menyampaikan apresiasinya atas kegiatan upacara bendera gabungan yang dilaksanakan Korem 161/Wira Sakti di sekolah tersebut.

“Ini sebuah kegiatan yang positif dalam rangka untuk menanamkan wawasan kebangsaan kepada generasi muda”,  ungkapnya.

Lebih lanjut Yasintus Efi mengatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan suatu cara untuk merawat dan memberikan pemahaman yang baik tentang Bangsa Indonesia sehingga sedini mungkin para generasi muda akan mengetahuinya.

Selesai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan pembekalan yang disampaikan oleh Danrem 161/Wira Sakti dengan tema “Pentingnya Pancasila Bagi Pelajar Untuk Menatap Masa Depan Bangsa”, bertempat di lantai 3 Aula SMA Katholik Giovanni. (Krm/bela).

Komentar ANDA?