Dekranasda Provinsi NTT Promosi Tenun Ikat Modern.

0
1418
Foto: Aneka hasil tenun ikat NTT yang sudah dimodifikasi menjadi busana yang sangat memikat

NTTsatu.com – KUPANG – Dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke 72 tahun, Dekranasda Provinsi NTT berkerja sama dengan Desainer Nasional, Handy Hartono bersama Model’s Kupang sebagai komunitas pecinta tenun NTT, mengelar even Promosi desain tenun ikat NTT dengan thema “NTT for The New NTT Wholld “ di Swiss Bel Hotel besok, Sabtu (19/8) petang.

Sekretaris Dekranasda Provinsi NTT, Bunga Anne Marlyn, dalam Jumpa persnya di kantor Dekranasda NTT, Jumat (18/), mengatakan Acara tersebut akan menampilkan model-model dengan memperagakan baju modifikasi dari tenun yang menjadi trade center atau fashion style yang akan diperkenalkan dan diperagakan di mata dunia dalam Fashion Week yaitu Moscow & Vienna pada bulan September 2017.

“Kami mau menjual NTT dari kekayaan budayanya seperti promosi tenun ikat karena tenun ikat saat ini sangat di kagumi oleh dunia, bahkan dunia sudah mengincar NTT untuk tenun tersebut, sehingga kita harus juga memberikan peluang agar investor masuk dan membantu mempromosikan tenun ikat yang kita miliki,” katanya.

Lanjutnya, Peragaan Busana tersebut akan menampilkan 100 koleksi busana dari perwakilan beberapa daratan yaitu Sumba, Timor, Flores, dan Alor. Koleksi ini sangat simple dan berkesan modern. Acara ini dilaksanakan sebagai upaya melestarikan dan memperkenalkan kain tenun NTT kepada masyarakat.

“Ada 100 koleksi busana dari Sumba, Timor, Flores dan Alor yang akan di tampilkan besok”, tegasnya.

Semantara, Handy Hartono, desainer Nasional yang mendukung acara tersebut, mengatakan tenun ikat NTT sangat di minati di tingkat nasioanal bahkan mancanegara sehingga saat ini pihaknya sangat bangga jika mempromosikan tenun ikat NTT.

“Tenun ikat NTT tu unik dan beragam dan sangat susah untuk di jiblak oleh siapapun sehingga NTT harus lebih mempertahankan kualistas bahannya sehingga benar-benar tetap menjadi kebanggan oleh dunia,” tegas Handy.

Lanjutnya, saat ini pihaknya akan melakukan ajang promosi tenun di Austria sehingga akan membawa desain-desain NTT sehingga lebih di kenalkan di mata dunia tenun ikat NTT yang sebenarnya.

“Saya akan mengikuti even internasional di Austria dan akan membawa desain-desain tenun ikat NTT sehingga dunia tau jika tenun ikat NTT sangat unik,” imbuhnya.

Handy juga menjelaskan bahwa saat ini tenun ikat NTT sedang di incar oleh dunia karena coraknya yang unik dan bahannya yang sangat asli sehingga orang NTT harus bangga karena memiliki kekayaan kebudayaan yang sangat banyak dan masyarakat harus mendukung setiap program yang di adakan oleh pemerintah untuk mempromosikan keunikan NTT tersebut. (Bela)

Komentar ANDA?