Deno : Pejabat Eselon II Untuk Masyarakat Manggarai

0
204
Foto : Pejabat Eselon II saat menyatakan sumpah saat dilantik di Aula Ranaka kantor Bupati Manggarai, Kamis, 29 Desember 2016

RUTENG. NTTsatu.com – Bupati Manggarai Dr. Kamelus Deno,SH,MH melantik 26 pejabat eselon II lingkup Satuan Perangkat Kerja (SKPD) Manggarai hari ini, Kamis (29/12) di aula Ranaka, Kantor Bupati Manggari.

Saat menyampaikan sambutan usai pelantikan, Bupati Deno menegaskan, para pejabat eselon II lingkup Pemerintahan Kabupaten Manggarai yang dilantik itu  seusai melantik pejabat eselon II  tersebut menyampaikan  para pejabat tersebut dilantik itu harus mengabdi dan melayani masyrakat Manggarai.

“Kalau dulu Pejabat  lebih menjadi penguasa tetapi sekarang harus bisa menjadi pelayan masyarakat Manggarai,” katanya.

Dia bersama wakil bupati Drs. Viktor Madur mempunyai program untuk dilaksanakan   oleh SKPD yang dipimpin pejabat eselon II. Karena itu, para pejabat yang dilantik harus berusaha sekuat tenaga bersama bupati dan wakil bupati untuk menyukseskan program yang telah disiapkan.

“Sumpah telah dilakukan oleh pejabat Eselon II pada hari ini, tentunya kalian harus berpegang teguh pada sumpah  di depan tokoh Agama dan para saksi. Sumpah harus direalisasikan dalam kerja nyata menjadi pelayan masyarakat Manggarai dan harus  bersih dari KKN,” tegasnya.

Dia mengatakan pejabat  sebelum dilantik telah mengikuti uji kompotensi oleh karena itu mereka harus  menggunakan seluruh ilmu dan keahlian untuk membangun dan menyukseskan program Bupati dan Wakil bupati dalam pembangunan di Manggarai.

Bupati mengatakan, untuk mengukur kinerja pejabat eselon dan pegawai  pasti harus melalui instrument yaitu jurnal kerja harian dan sistem operasi  kerja (SOP).

“Ini perintah UU:  kerja dan kerja, supaya kerja lebih baik  kita mesti betah  dan fokus di tempat kerja masing-masing, rasa memiliki dan membaca peraturan perundang-undangan dengan baik,” ujarnya.

Para pejabat harus lebih mengutamakan komunikasi lisan dan mampu menggerakan orang lain yang tentunya  memilii tipe yang berbeda satu sama lainnya.

“Ada 4 tipe orang yang harus kita bisa pelajari di tempat kerja yaitu ada yang mampu tetapi tidak mau bekerja, ada yang mau tetapi tidak mampu, ada yang mampu dan mau bekerja, yang sulit dihadapi adalah punya kemapuan tetapi tidak mau bekerja,” kata Deno sambil Guyon menceritakan pengalaman pribadinya bagaimana mempelajari  tingkah laku salah satu pegawai di ruang kerja Bupati belum lama ini.

Dia berharap  segala macam pembangunan yang belum tuntas pada tahun 2016 segera dituntaskan dalam beberapa hari terkahir seperti penanganan penanaman papan nama jalan, penanganan sampah di kota Ruteng dan penertiban travel.

“Besok, Jumat, 30 Desember 2016 pukul 08.00 wita  kita mulai rapat, segera melakukan perubahan nama stempel bagi istansi yang ada perubahan nama,” pesanya.

Terkait ada 6 jabatan  masih kosong, Bupati Deno mengatakan ada 2 pejabat eselon II  akan pensiun pada 2017 maka  8 jabatan tersebut akan dilelang bagi pejabat eselon III.

“Jabatan eselon II  yang masih lowong akan dilelang secara terbuka. Bagi pejabat Eselon III yang mau melamar 8 jabatan tersebut silahkan melamar,” pungkasnya. (mus)

Komentar ANDA?