Di Sikka, Surat Suara Pilgub NTT Kurang 100 Lembar

0
283

NTTsatu.com – MAUMERE – Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) NTT Tahun 2018 di Kabupaten Sikka sedikit mengalami kendala. Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menemukan kekurangan surat suara sebanyak 100 lembar.

Elsy Puspitasari, komisoner KPU Sikka yang membidangi Divisi Umum, Anggaran dan Logistik, menjelaskan kondisi ini diketahui setelah pihaknya melakukan sortir dalam beberapa hari ini. Dia mengaku sudah melaporkan hal ini ke KPU Provinsi NTT di Kupang.

“Kami melakukan sortir dua kali. Pertama oleh pihak ketiga, lalu kedua secara internal. Terdapat kekurangan surat suara sebanyak 100 lembar. Kami sudah laporkan ke KPU NTT, dan rencananya mungkin hari ini akan dikirim,” jelas Elsy Puspitasari, Kamis (21/6).

Dia mengatakan surat suara Pilgub NTT yang diterima KPU Sikka sebanyak 193.348 lembar. Kebutuhan KPU Sikka sendiri yakni sebanyak 195.448 lembar terdiri dari daftar pemilih tetap (DPT) 188.464, ditambah cadangan 2,5 persen sebanyak 4.984 lembar, dan 2.000 lembar untuk pemilihan susulan. Khusus untuk pemilihan susulan baru akan dikirim setelah ada kepastian terjadinya pemilihan susulan.

Sambil menunggu pengiriman 100 lembar surat suara yang kurang, KPU Sikka sementara ini tengah melakukan pengepakan logistik Pilgub NTT ke dalam kotak-kotak suara. Dia telah meminta staf Sekretariat KPU Sikka untuk menghitung kembali jumlah surat suara sesuai DPT masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) beserta surat suara cadangan.

“Kami mulai mengepak logistik, termasuk memasukkan kebutuhan surat suara pada masing-masing TPS. Nanti pada akhirnya kami akan tahu yang pasti berapa banyak surat suara yang kurang,” tambah dia.

Sesuai progress kerja, KPU Sikka akan menyelesaikan pengepakan logistik Pilgub NTT pada Kamis (21/6). Sampai dengan sekitar pukul 11.00 Wita siang tadi, KPU Sikka sudah menyelesaikan pengepakan untuk 2 kecamatan. Di Kabupaten Sikka terdapat 555 TPS yang tersebar pada 147 desa dan 13 kelurahan pada 21 kecamatan. (vic)

 

Foto: Suasana pengepakan surat suara Pilgub NTT di KPU Sikka, Kamis (21/6);

Komentar ANDA?