Dilantik Jadi Penjabat Bupati Lembata, Ini Pesan Gubernur VBL untuk Matheos Tan

0
545

 

Matheos Tan yang saat ini menjabat sebagai Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa pada Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ditetapkan sebagai Penjabat Bupati Lembata periode 2023-2024 berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 100.2.1 .1218 Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Bupati Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sebelum acara pelantikan, Gubernur VBL menyerahkan SK Keputusan Mendagri di ruang kerja Gubernur. Dalam penyerahan SK tersebut, Gubernur meminta Penjabat Bupati Lembata untuk senantiasa membangun semangat kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan yang ada di Lembata.

“Selalu membangun kerja kolaborasi dan jaga sinergitas. Saya berharap agar saudara dapat segera menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan kerja bersama Forkopimda Lembata juga beradaptasi dengan budaya dan masyarakat Lembata,” kata Gubernur VBL.

Gubernur juga meminta Penjabat Bupati Lembata untuk memperhatikan secara serius penanganan stunting agar jumlahnya terus menurun.

“Selalu lakukan peninjauan di lapangan, jangan terlalu banyak duduk di belakang meja agar bisa tahu dan lihat langsung progres di lapangan atau masalah yang dihadapi masyarakat untuk dicarikan solusinya,” urai Gubernur Viktor.

Gubernur VBL juga menyerahkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 100.2.1.3-1201 Tahun 2023 tentang Perpanjangan Masa Jabatan Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi,M.Si. Gubernur meminta penjabat Bupati Flores Timur untuk terus pertahankan dan melanjutkan kinerja-kinerja positif yang ada.

“Tetap jaga sinergitas bersama Pemerintah Provinsi untuk kestabilan pembangunan daerah,” pesan Gubernur Viktor.

Setelah acara Pelantikan Penjabat Bupati Lembata, dilanjutkan dengan Pelantikan Penjabat Ketua Tim PKK dan Penjabat Ketua Dekranasda Kabupaten Lembata, Sonya Sofia TS, S.Kom oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Wakil Ketua Dekranasda Provinsi NTT, Maria Fransisxa Nae Soi-Djogo.

Tampak hadir pada kesempatan Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Wakil Gubernur NTT, Pimpinan DPRD NTT, Forkompinda NTT, Forkopimda Lembata, Pimpinan dan Anggota DPRD Lembata, Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemprov NTT dan Pemerintah Kabupaten Lembata, Rohaniwan Pendamping dan undangan lainnya.

Lulusan STPDN

Penjabat Bupati Lembata yang baru Matheos Tan merupakan lulusan STPDN dan bertugas di Kemendagri, dengan pangkat/golongan Pembina Utama Muda (IV/C) dengan NIP 19720425 199203 1.

Terakhir menjabat sebagai Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa di Kemendagri RI.

Matheos Tan lahir di Kota Ambon, Provinsi Maluku pada 25 April 1972 atau 51 tahun silam. Sosok Matheos Tan sejatinya muncul dalam usulan DPRD Kota Ambon bersama dua nama lain, Bodewin Wattimena dan Agus Ririmasse untuk menjadi Penjabat Wali Kota Ambon.

Matheos Tan menggantikan Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Jawa yang dikenal pendiam tapi tegas. Kini, Marsianus Jawa harus kembali ke jabatan semula yaitu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi NTT. (MI/nttsatu)

Komentar ANDA?