Dinas Kebersihan Kota Setiap Hari, Tiga Kali Mengangkut Sampah

0
387

foto: Petugas Dinas Kebersihan sedang emngangkut sampah
 

KUPANG. NTTsatu.com,- Dalam rangka penanganan sampah di dalam Kota Kupang  dan sekitarnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melalui Dinas Kebersihan Kota Kupang memberlakukan kegiataj pengangkuutan sampah sebanyak tiga kali dalam sehari.

“Produksi sampah di Kota Kupang  cukup tinggi di titik tertentu seperti di Pasar Oesapa, pasar Oebobo, Pasar Fatubesi dan pasar Naikoten I. Mobil sampah yang mengangkut sampah di titik tersebut kadang bisa mencapai  60 ton hingga 80 ton,” kata Kepala Dinas Kebersihan Obed Kadji kepada kepada wartawan di kantor DPRD Kota Kupang. Kamis (26/11/2015).

Dia menjelaskan, pemberlakukan dalam sehari tiga kali penagkutan sampah ini untuk pagi dimulai jam 06.00 jam 09.00, dan  siang dimulai dari  jam 10.00 sampai selesai,  serta  sore hari dimulai  jam  15.00 sampai selesai melalui  rute yang sudah ada.

“Tenaga kebersihan dalam pengakutan sampah ini tiap truk sampah sebanyak enam orang yang terdiri dari satu orang sopir dan lima orang pengangkut. Sehingga total tenaga kebersihan sebanyak 350  orang, dan tukang sapu  sebanyak 70 orang yang tiap pagi dan sore  pada 70 titik ,” katanya.

Dia berharap, berkaitan dengan mengantispasi musim hujan nantinya, maka para lurah diharapkan melakukan koordinasi dengan Dinas Kebersihan jika tidak mampu menanggani sampah agar dinas bisa segera menurunkan mobil mengakut sampah untuk mengakutnya.

“Pada tahun 2106 nantinya dalam penanganan sampah , kami akan memasang papan bertuliskan kontak person dengan nama-nama yang perlu dihubungi jika sampah belum terangkut pada tiap-tiap titik sampah ,” katanya.(rif/bp)

Komentar ANDA?