Dinas Parekraf NTT Gelar Festival Seni Budaya Florata

0
217
Foto: Paduan Suara SMAN 2 Lewoleba yang tampil memukau saat pembukaan Festival Seni Budaya Florata di Jeti Lewoleba, Kamis, 29 Setember 2016 malam.

LEWOLEBA. NTTsatu.com – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar festival Seni Budaya Flores – Lembata (Florata) di Lewoleba, Kabupaten Lembata. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk, Kamis, 29 September 2016 malam.

Kepala Dinas Parekraf NTT, Marius Ardu Jelamu yang dihubungi melalui Kabid Kebudayaan, Valens Bhalu di Lewoleba di sela-sela acara pembukaan di pelataran Pelabuhan Laut Lewoleba menjelaskan, Festival Seni Budaya Flores – Lembata digelar di Lewoleba dengan tujuan untuk menumbuhkan dan mengemangkan potensi seni budaya masyarakat Florata yang merupakan asset pariwisata yang tengah dikembangkan dan perhatikan secara serius.

Valens mengatakan, senin budaya yang dimiliki masyarakat Florata itu memiliki nilai-nilai yang sangat berharga yang harus terus dikembangkan sehingga tetap menjadi kebanggaaan masyarakat daerah ini.

Dinas Parekraf NTT kata Valens bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten di seluruh Flores – Lembata untuk menangkat kembali potensi seni udaya agar tidak tergilas oleh perkembangan zaman yang semakin canggih ini.

“Seni Budaya masyarakat kita itu memiliki nilai-nilai yang sangat luar biasa, karena itu harus dikembangkan dengan baik sehingga menjadi asset wisata di daerah ini. Kita terus menggali potensi-potensi pariwisata yang bisa “dijual” bersamaan dengan potensi pariwisata lainnya,” kata Valens.

Festival Seni Budaya Florata ini dihadiri semua kabupaten di Flores dan Lembata yang mengirimkan duta-dutanya masing-masing. Pembukaan kegiatan ini dimeriahkan dengan paduan suara dari SMA Negeri 2 Lewoleba yang membawakan lagu-lagu daerah masing-masing kabupaten yang didendangkan mengantar setiap peserta dari kabupaten masing-masing saat memasuki arena festival.

Kegiatan pembukaan dan seluruh rangkaian festival ini di gelar di pelataran pelabuhan Laut Lewoleba yang dikenal warga Lewoleba dengan sebutan Jeti. (bp)

Komentar ANDA?