Donor Darah HUT 72 TNI Hasilkan 192 Kantong Darah

0
215
Foto: Kegiatan Donor Darah memperingati HUT TNI ke-72 di Lanud El Tari Kupang, Kamis, 14 September 2017

NTTsatu.com – KUPANG – Kegiatan donor darah dalam rangka Hut Ke 72 TNI Tahun 2017, Kamis (14/9) bertempat di Hanggar Lanud El Tari Penfui Kupang berhasil mendapatkan 192 katong darah.

Kegiatan donor darah yang dimulai sejak pukul 08.00 Wita tersebut dihadiri sebanyak 302 orang calon pendonor. Tetapi setelah dilaksanakan pemeriksaan yang bisa melaksanakan donor  hanya 192 orang.

Sebanyak 192  kantong darah yang dihasilkan adalah, golongan darah A sebanyak 37 kantong, golongan darah B sebanyak 65 kantong, golongan darah O sebanyak 78 kantong dan golongan darah
AB sebanyak 12 kantong.

“Ada 302 orang yang hadir dan mendaftar  tetapi yang dinyatakan layak untuk melaksanakan donor hanya 192 orang”, kata Letda (Khus) Chandra yang merupakan seorang dokter gigi di Lanud El Tari.

Beberapa alasan bagi 110 orang tidak bisa melaksanakan donor dikarenakan HB rendah, sedang menyusui, belum waktunya hipertensi ataupun hipotensi.

Sementara itu Danlanud Eltari Kupang Kolonel (Pnb) Rony Irianto Moningka menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini dilaksanakan dalam rangka Hut Ke 72 TNI Tahun 2017 dan Lanud Eltari ditunjuk sebagai koordinator kegiatan ini.

“Kegiatan donor darah dalam rangka Hut Ke 72 TNI kali ini melibatkan personel dari ketiga angkatan, masyarakat luar, Polri, Satpol PP, Basarnas dan juga Ibu-ibu dari isteri prajurit ketiga angkatan serta Bayangkari,” ungkap Kolonel Rony.

Ditambahkan bahwa dalam menyongsong Hut Ke 72 TNI juga dilaksanakan berbagai kegiatan seperti pengobatan mata, pengobatan massal, pertandingan beladiri, karya bhakti pembersihan pantai dan beberapa kegiatan lainnya.

Kegiatan donor darah ini merupakan kerjasama antara panitia Hut Ke 72 TNI wilayah Kupang NTT dengan Unit Transfusi Darah PMI NTT yang dikoordinir oleh dr. Samson Ehe Teron. Dan semua darah yang didonorkan akan disimpan di Bank Darah PMI NTT yang nantinya dapat disumbangkan kepada warga masyarakat yang membutuhkan.

“Hasil donor kita simpan di Bank Darah PMI NTT dan selanjutnya akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” sebut dr. Samson.

Pantauan di lapangan  kegiatan ini antara lain dihadiri oleh  Danlanud Eltari Wakil Persit KCK Koorcab  Rem 161/Wira Sakti dan Pengurus,  Pia Ardhya Garini, Jala Senastri, Bayangkari, Prajurit TNI Angkatan Darat, Laut, Udara, Polri, ASN, Satpol PP dan  Basarnas Kota Kupang. (Krn/bela).

Komentar ANDA?