DPRD NTT Desak Pemprov Intervensi Bencana Lembata

0
195
Foto: Para pengungsi yang menempati lopo di depan rumah jabatan Bupati Lembata

NTTsatu.com – KUPANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTT mendesak pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk segera membantu pemerintah Kabupaten Lembata dalam penanganan bencana gempa bumi tektonik di wilayah itu.

Desakan itu disampaikan Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno saat rapat paripurna bersama pemerintah Provinsi NTT di ruang sidang utama gedung DPRD NTT, Kamis,12Oktober 2017.

“Kita berharap pemerintah segera mengintervensi pemerintah kabupaten dalam penanganan bencana di Lembata,” kata Anwar.

Selain itu, Politisi Partai Golkar ini  meminta Pemrov segera mengambil langkah-langkah cepat dengan memberikan bantuan logistik berupa bahan makanan dan bantuan lainnya.

“Kita berharap pemerintah mengambil langkah-langkah terutama menyangkut logistik seperti pendropingan beras agar masyarakat merasa terlayani kebutuhan pokok, ” katanya.

Sementara itu, anggota DPRD NTT lainnya, Kasimirus Kolo, mengatakan, Pemrov harus segera mengambil langkah cepat dengan menetapkan status tanggap darurat. Pasalnya, masyarakat di Kabupaten Lembata yang terkena bencana ini perlu perlindungan dan bantuan.

“Pemprov dengan batas kewenangan harus bertindak cepat untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana, ” ujarnya.

Anggota DPRD NTT dari fraksi Nasdem ini, juga meminta pemprov NTT segera membantu Pemkab Lembata dalam hal pengadaan logistik, pangan dan obat-obatan.

Foto: Sebuah rumah warga yang rusak akibat gempa bumi tektonik di Lembata

Segera Bantu

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT, Tini Thadeus yang dihubungi terpisah, Kamis, 12 Oktober 2017 menyatakan, pemerintah provinsi sedang memeroses bantuan untuk korban bencana di Lembata.

“Kita sedang membangun koordinasi dengan pemerintah kabupaten Lembata untuk mendapatkan data riil sehingga bantuan akan dikirim tepat sasar,” katanya. (bp)

Komentar ANDA?