Dua Obyek Wisata di Alor Akan Dikelola Pihak Ketiga

0
195

KALABAHI. NTTsatu.com – Bupati Alor, Amon Djobo mengakui, obyek-obyek wisata andalan di daerah ini tidak bisa akan berkembang baik dan mendatangkan hasil bagi masyarakat dan daerah jika dikelola sendiri oleh pemerintah. Karena itu pemerintah setempat akan menyerahkan dua obyek wisata andalan di daerah ini untuk dikelola pihak ketiga.

“Kalau pemerintah yang kelola sendiri tidak bakal berjalan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat maupun daerah ini. Karna itu beberapa obyek wisata andalan di Kabupaten Alor akan diserahkan kepada pihak ketiga utuk mengelolanya,” kata bupai Amon kepada wartawan di Alor usai gala dinner dengan peserta Sail Indonesia 205, Jumat, 07 Agustus 2015.

Bupati Amon mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendekatan kepada beberapa pihak ketia di Denpasar, Bali, dan mereka sudah setuju untuk mengelola beberapa obyek wisata di Alor. Dua obyek wisata yang akan dikelola pihak ketiga itu adalah wisata Pantai Mali dan wisata pantai Sabanja.

“Dua obyek wisata ini memiliki daya tarik sendiri. Kita sudah berusaha mengembangkan dua obyek wisata itu namun dalam perjalanannya belum ada kemajuan berarti, karena itu kita harus serahkan kepada pihak ketiga untuk mengelolanya,” kata Bupati Amon Djobo tanpa mau menyebut investor mana yang akan mengelolanya..

Menurut Bupati, pemerintah bersama phak ketiga itu membangun sejumlah sarana dan prasaran pendukung di lokasi pantai Mali dan pantai Sabanja, Kemudian pengelolaan lanjutan akan dilakukan oleh pihak ketiga tersebut, katanya

Menurut Bupati, pihak investor juga akan melibatkan masyarakat setempan untuk bersama-sama mengelola, menjaga dan merawat obek wisata yang akan dikelola itu. Keterlibatan masyarakat itu dimaksudkan agar mereka juga bisa mendapatkan hasil lebih dari usaha pariwisata yang ada di daerah mereka.

Masyarakat sekitar selain dilibatkan dalam menjaga obyek wisata, mereka juga akan mendapatkan peluang usaha baik sebagai pekerja di lokasi itu maupun penjualan produk-produk local masyarakat setempat yang memiliki nilai jual yang tinggi itu.

“Kita berharap dengan pengelolaan oleh pihak ketiga itu, masyarakat bisa menikmati hasilnya juga. Kita juga akan siapkan masyarakat untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan menjual aneka produk di lokasi tersebut,” katanya. (bp)

=====

Foto: Bupati Alor, Amon Djobo

Komentar ANDA?