Dua Oknum Polres TTS Divonis 7 Bulan Penjara

0
604

KUPANG.NTTsatu.com – Bripka Paulus Bein dan Brigpol Decky Subagio dua oknum Polri yang bertugas di Polres Timur Tengah Selatan (TTS), Jumat (22/1) divonis selama 7 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Klas I A Kupang.

Sidang dengan agenda pembacaan putusan itu dipimpin majelis hakim, Rakhman Rajagukguk didampingi hakim anggota Nuril Huda dan Theodora Usfunan, yang dihadiri oleh JPU Lasmaria Siregar dan kedua terdakwa tanpa didampingi kuasa hukum.

Majelis hakim, dalam putusannya, majelis hakim menilai bahwa kedua terdakwa telah melanggar Pasal 372 KUHP terkait penipuan jo. Pasal 55 KUHP terkait penyertaan tindak pidana, karena terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindakan penipuan terhadap 7 orang casis bintara yang berasal dari Kabupaten TTS, bahkan para korban itu merupakan keluarga dari kedua terdakwa.

Dikatakan hakim, kedua terdakwa bekerjasama dengan Briptu Fitrah Syarir yang merupakan supir Kabid Propam, dan mereka mendapatkan keuntungan (fee) karena telah membantu Fitrah untuk melakukan penipuan, dan meyakinkan para korban, Fitrah menjemput uang tersebut dengan menggunakan Mobil Kabid Propam, serta memberi jaminan kelulusan dengan membawa nama pejabat tersebut.

Menurut hakim, adapun hal-hal yang meringankan bagi kedua terdakwa yakni keduanya telah jujur mengakui perbuatannya, dan bersikap sopan selama persidangan. Selain itu, kedua terdakwa juga memiliki tanggungan keluarga, dan meminta keringanan hukuman pada majelis hakim.

Selain itu, para keluarga korban juga meminta keringanan hukuman dengan harapan agar kedua terdakwa dapat segera mengembalikan uang hasil penipuan tersebut kepada keluarga korban, bahkan telah memaafkan perbuatan dari kedua terdakwa, dan berharap agar perbuatan itu tidak terulang kembali.

Sebelumnya, kedua terdakwa dituntut oleh JPU Lasmaria Siregas dengan hukuman pidana selama 10 bulan penjara. (dem))

====
Foto: Ilustrasi Polisi

Komentar ANDA?