Dukcapil Lembata Minta Dukungan Ditjen Dukcapil

0
249

KUPANG. NTTsatu.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lembata, Wens Ose Pukan, S.Sos. MAP mengharapkan dukungan dari Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemanterian Dalam Negeri untuk menggenarkan pelayanan kepada masyarakat dari desa ke desa.

“Stategi yang kami lakukan sejak bulan lalu yakni melayani pembuatan KPT, KK dan Akta kelahiran langsung di desa-desa memang mendapat hambatan yang serius terutama sarana dan prasaran pendukung. Karena itu kami sangat mengharapkan bantuan Ditjen Dukcapil,” kata Wens yang menguhubungi wartawan dari Lewoleba, Lembata, Jumat, 14 Agustus 2015.

Wens mengatakan, strategi pelayanan yang dilakukannya dari desa ke desa merupakan sebuah terobosan untuk membantu masyarakat kecil di desa-desa yang memiliki keterbatasan dalam pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran.

Menurutnya, kalau masyarakat desa dauing untuk mengurus KTP, KK dan Akta di kantor Dukcapil Kabupaten, tentu mereka membutuhkan biaya transportasi dan mengorbankan banyak waktu dan tenaga. Karena itu sebaiknya aparat PNS yang ada di kantor itu turun dan melayani masyarakat di desa.

“Kita kan pelayan masyarakat, Karena itu kita layani mereka di desa biar mereka tidak mengeluarkan biaya dan waktu serta tenaga untuk dating dan mengurusnya di kantor. Ada fasilitas yang terbatas, namun kita bisa menggunakan secara optimal,” kata mantan Kepala Dinas Pariwisata, Kabupaten Lenbata itu.

Karena memiliki keterbatasan sarana dan prasarana pendukung itulah maka Wens sangat mengharapkan dukungan dari Ditjen Dukcapil. “Ini terobosan baru yang kami lakukan di Lembata dan mungkin pertama di Indonesia, karena itu kami sangat mengharapkan dukungan pemerintah pusat,” katanya. (bp)

=====

Foto: Kadis Dukcapil Lembata, Wens Pukan

Komentar ANDA?