Dukcapil Lembata Serahkan Akta Nikah Gratis

0
215
Foto: Kadis Dukcapil Lembata, Wens Pukan sedang menyerahkan Akte Perkawinan kepada 15 Pasang Pengantin pada Acara Nika Massal Di Gerja Lolong Paroki Mingar

LEWOLEBA. NTTsatu.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lembata selain membuat terobosan baru dengan pengurusan akta pernikahan secara gratis dan langsung menyerahkannya kepada pasangan Suami nistri setelah upacara pernikaha.
“Kami memang harus melakukan ini untuk menolong masyarakat kecil di desa-desa. Mereka memang sulit mengurus akta perkawinan termasuk akta kelahiran hingga Kartu Tanda Pndudukan. Karena itu kita buat terobosan untuk membantu mereka,” kata Kepala Dinas Dukcapil Lembata, Wens O. Pukan yang dihubungi di Lewoleba, Senin, 2 Mai 2016.
Wens menjelaskan, kondisi daerah di Lembata memang sangat sulit sehingga untuk pengurusan surat-surat itu masyarakat membutuhkan waktu dan biaya yang cukup besar, karena itu perlu dicarikan solusi agar segala urusan itu bisa dilakukan dengan baik dan tidak menyulitkan mereka.
“Kalau ada urusan yang bisa dipermudah kenapa harus dipersulit. Kami sekarang sedang melakukan kegiatan-kegiatan dari desa ke desa untuk menology masyarakat terutama di daerah-daerah yang terpencil dan jauh dari akses transportasi yang memadai,” kata alumnus Stara 2 Universitas Brawjiaya Malang ini.
Dia menjelaskan, pada akhir pekan lalu dia menyerahkan Akte Perkawinan kepada 15 Pasang Pengantin pada Acara Nika massal di Gerja Lolong Paroki Mingar, Kecamatan Nagawutun.
“Pembuatan akta nikah akan selalu kita lakukan jika ada pernikahan masal. Kita buat dikantor berdasarkan data-data yang mereka serahkan kemudian kita antar dan serahkan langsung usai pernikahan,” katanya. (bp)

Komentar ANDA?