Enam Hormon ini Buat Wanita Jadi Gemuk

0
137

NTTsatu.com – Hormon, kata ini mungkin memiliki love hate relationship dengan wanita. Pertama, wanita seringkali menyalahkan hormon mereka saat marah-marah atau gampang emosi karena PMS. Sedangkan yang kedua, wanita senang dengan susunan hormon dalam tubuh mereka yang sedemikian rupa sehingga bisa membuat mereka merasa jadi lebih cantik atau lebih feminin.

Selain pengaruh tersebut, tahukah Anda bahwa hormon juga bisa membuat wanita menjadi lebih gemuk? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa nama hormon yang bertanggung jawab dalam penambahan lemak di perut, pinggul, dan semua bagian tubuh Anda.

  1. Hormon kortisol

Hormon kortisol memiliki nama lain yaitu hormon stres. Ketika seseorang atau wanita mengalami stres, maka hormon ini akan meningkat. Kemudian nafsu makan Anda menjadi tinggi, dengan demikian maka berat badan Anda pun meningkat. Itulah sebabnya para emotional eater seringkali terserang oleh hormon ini. Jadi, ketika Anda stres segera pulihkan diri Anda agar tingkat hormon kortisol tidak meninggi dan membuat Anda terhindar dari risiko kegemukan.

  1. Hormon testosteron

Tak hanya pria, di dalam tubuh wanita juga terdapat hormon testosteron. Saat hormon ini meninggi, wanita akan menderita sindrom yang disebut dengan Sindrom ovarium polikistik atau PCOS. Saat sindrom ini menyerang, maka akan menyebabkan kenaikan berat badan, tumbuh suburnya rambut di wajah, hingga kenaikan massa otot yang berlebihan.

  1. Hormon estrogen

Pada saat wanita mengalami menopause, maka tingkat hormon estrogen wanita akan menurun sehingga menyebabkan kenaikan berat badan, terutama di sekitar perut atau usus. Itulah sebabnya kenapa wanita yang sudah mengalami menopause akan mengalami kenaikan berat badan yang tidak terkendali.

  1. Hormon insulin

Hormon insulin sesuai namanya bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Saat terjadi kenaikan hormon insulin yang tak terkendali, maka tak hanya serangan diabetes saja yang terjadi namun juga kenaikan berat badan. Sebab selain untuk mengatur gula darah, insulin juga bertanggung jawab atas regulasi lemak dan karbohidrat dalam tubuh.

  1. Hormon progesteron

Selain testosteron, adanya hormon progesteron dalam tubuh wanita juga bisa menambah kenaikan berat badan wanita. Saat menopause, kadar hormon ini akan menurun sehingga tubuh akan membengkak akibat retensi air dan lemak yang berlebihan.

  1. Hormon tiroid

Hormon tiroid Anda bisa terserang penyakit dan nama penyakit tersebut adalah hipotiroidisme. Salah satu efek buruk dari penyakit ini adalah penambahan berat badan. Selain itu, hipotiroidisme juga akan membuat Anda merasa cepat lelah, kulit jadi kering serta sembelit.

Hormon memiliki segudang fungsi untuk mengatur banyak sistem dalam tubuh Anda. Sama seperti anggota tubuh lainnya, hormon juga wajib dijaga kesehatannya dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Sehingga Anda pun tidak akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang mengakibatkan timbulnya banyak penyakit serta kegemukan. (sumber:merdeka.com)

Komentar ANDA?