Enam Regu Basarnas Maumere Siap Bantu Pemudik Lebaran

0
368

NTTsatu.com – MAUMERE – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Basarnas Maumere kembali terlibat pada kegiatan lebaran. Untuk tahun ini, Basarnas Maumere telah menyiapkan enam regu yang akan membantu kelancaran arus mudik dan arus balik di Maumere, Labuan Bajo, Ende, dan Alor. 

Untuk di Kabupaten Sikka, Basarnas Maumere membentuk tiga regu yang akan bergabung dengan Posko Siaga angkutan lebaran, masing-masing di Pelabuhan Laurensius Say, Bandara Frans Seda, dan Kantor Basarnas Maumere. Sementara pada tiga kota lainnya yang merupakan wilayah kerja Basarnas Maumere, masing-masing hanya satu regu saja.

Dalam rangka mendukung lebaran, Kepala Basarnas Maumere I Putu Sudayana menggelar apel pengecekan peralatan dan personil rescue, bertempat di halaman Kantor Basarnas Maumere, Kamis (7/6). Seluruh personil berjumlah 20 orang menyatakan siap mendukung pelaksanaan lebaran.

Basarnas Maumere menyiapkan pelbagai sarana prasarana pendukung berupa alat ekstrikasi untuk pertolongan di darat jika terjadi peristiwa kecelakaan mobil di mana terdapat korban yang terjepit di dalamnya. Juga pertolongan di laut seperti alat selam, perahu karet 40 PK, dan 3 unit sea rider 400 PK yang dioperasikan masing-masing di Maumere, Labuan Bajo, dan Alor. Semua peralatan dalam kondisi siap pakai.

I Putu Sudayana dalam kesempatan apel pengecekan berpesan kepada para rescuer agar dalan melaksanakan tugas siaga harus senantiasa menjalin koordinasi dengan instansi terkait. Dengan demikian tercipta sinergitas selama pelaksanaan siaga.

“Saya minta kawan-kawan Rescue harus selalu hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan, sehingga masyarakat yang mudik baik jalur darat maupun laut merasa nyaman ketika melihat warna oranye selama melaksanakan mudik,” pesan I Putu Sudayana sebagai keterangan pers yang dikirim Humas Basarnas Maumere.

τMenurut rencana, Posko Siaga Lebaran di Maumere mulai diaktifkan sejak hari ini. Sebagaimana instruksi Kapolri RI Tito Karnavian, pengamanan lebaran dilaksanakan selama 18 hari dalam rentang waktu 7-24 Juni 2018. (vic)

 

Foto: Kepala Basarnas Maumere I Putu Sudayana sedang mengecek personil rescuer yang akan terlibat pada pengamanan lebaran tahun 2018 di halaman Kantor Basarnas Maumere, Kamis (7/6);

Komentar ANDA?