Enggan Bocorkan Hasil Survei Bupati Sikka, Lustrilanang: Bandar Tidak Mau Rugi

0
182
Foto: Fungsionaris DPP Partai Gerindra, Pius Lustrilanang

NTTsatu.com – MAUMERE – DPP Partai Gerindra baru-baru ini membiayai pelaksanaan survei calon Bupati dan Wakil Bupati Sikka. Survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) itu sudah ada hasilnya. Meski demikian fungsionaris DPP Partai Gerindra Pius Lustrilanag enggan membocorkan hasilnya. Dia beralasan bandar tidak mau rugi.

“Nggak mungkin saya bocorkan (hasil survei). Bandar nggak mau rugi lah. Kita yang bayar, masa yang lain dapat gratis. Prinsipnya bahwa sudah ada hasil survei, dan Gerindra siap mendukung calon bupati dari kader sendiri. Nama-nama yang ada sudah mengerucut,” tuturnya kepada media ini di Hotel Pelita usai mengikuti Rapat Kerja Khusus Cabang DPC Partai Gerindra Kabupaten Sikka, Jumat (17/11).

Keterangan Pius Lustrilanang ini seakan menyiratkan bahwa persentasi calon-calon Bupati Sikka dari Partai Gerindra masih berada di bawah calon-calon lain. Karena itu Pius Lustrilanang belum membocorkan hasil survei, yang kesannya secara politis justeru leih menguntungkan calon lain.

Pius Lustrilanang hanya mengatakan hasil survei menunjukkan ada peningkatan persentase calon-calon Partai Gerindra, jika dibandingkan dengan hasil survei LSI sebelumnya yang dibiayai partai politik lain. Dia menyebutkan angka peningkatan itu bisa mencapai 5,2 persen. Peningkatan itu disertai dengan pergeseran posisi yang makin lebih baik dari sebelumnya.

Pelbagai informasi yang sempat direkam dari beberapa peserta Rapat Kerja Khusus Cabang DPC Partai Gerindra, menyebutkan hasil survei LSI itu memposisikan Alexander Longginus, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sikka pada rangking yang teratas. Setelah itu menyusul Yoseph Ansar Rera, petahana yang adalah Ketua Partai Nasdem. Belum diketahui, berapa selisih antara dua kandidat ini.

Menyusul setelah itu di posisi ketiga adalah Fransiskus Roberto Diego, bakal calon Bupati Sikka yang sementara ini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadaman Kebakaran. Rafael Raga, Ketua Partai Golkar Kabupaten Sikka berada di posisi keempat.

Calon Bupati Sikka Fransiskus Stephanus Say menempati posisi kelima, mengungguli pesaingnya di Partai Gerindra Paolus Nong Susar, yang kkni menjabat Wakil Bupati Sikka. Media ini belum mendapatkan angka yang pasti berapa besar selisih antara dua kandidat yang tengah berseteru mendapatkan dukungan dari DPP Partai Gerindra.

Ketua DPC Partai Gerindra Marselinus Litong kepada sejumlah media dalam jumpa pers usai Rapat Kerja Khusus tidak secara detail menyampaikan hasil survei. Dia beralasan tidak menghapal secara baik seluruh data hasil survei. Dia kuatir salah menginformasikan, yang bisa berdampak pada merugikan orang lain.

“Terlalu jelimet, nanti saya salah menginformasikan. Ada berbagai alternatif, dengan banyak variabel. Ada yag hasil survei secara sendiri, ada yang berpasangan, dan banyak metode.  Nanti kalau buku (hasil survei) sudah terbit baru saya kasihkan teman-teman wartawan,” jelas Marselinus Litong.

Dari hasil survei, hampir pasti Partai Gerindra memberikan dukungan kepada Fransiskus Stephanus Say. Pius Lustrilanang menegaskan pihaknya masih menunggu keputusan dari partai yang hendak berkoalisi dengan Partai Gerindra. Diperkirakan PKB yang akan berkoalisi dengan Partai Gerindra ntuk mendukung pasangan calon Stephanus Say dan Kasimirus Bara Bheri. (vic)

Komentar ANDA?