Entrepreneurship Visit, Bentuk GenBI Unhas dalam Memberdayakan UMKM Makassar

0
686

NTTSATU.COM — MAKASSAR — Pada 1-2 Oktober, Komunitas Generasi Baru Bank Indonesia Komisariat Universitas Hasanuddin (GenBI Unhas) menyelenggarakan Entrepreneurship Visit yang bertujuan untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan di Makassar (KPw BI SulSel).

Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Go Digital with QRIS #ResiliensiUMKM” di mana GenBI Unhas ingin meningkatkan penggunaan transaksi digital melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di UMKM binaan KPw BI SulSel dan GenBI Unhas juga turut memperoleh umpan balik dari UMKM sebagai pengetahuan bagi anggota GenBI Unhas mengenai kewirausahaan. Adapun GenBI Unhas juga membantu para UMKM untuk membuat flowchart SOP produksi UMKM terkait.

Total UMKM yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah 5 UMKM binaan KPw BI SulSel di Makassar yaitu, Arie Rich, Zian Bakery, Kopi Leluhur, Morinawa Receipe, dan Arennesia.

Kegiatan meliputi wawancara mengenai kewirausahaan, pemberian hampers, dan pemasangan banner sosialiasi QRIS di UMKM. Salah satu pelaku UMKM, Kak Uci, menjelaskan kepada para volunteer GenBI Unhas mengenai awal mula merintis usahanya hingga memberikan informasi mengenai kewirausahaan. Adapun anggota GenBI Unhas, Andi Muhammad Ayyub, berbagi kesannya terhadap kegiatan ini

“Saya banyak sekali mendapat pembelajaran dengan mendengar cerita dari para pemilik UMKM yang Saya kunjungi. Banyak sekali pembelajaran bagaimana para wirausaha ini melalui masa-masa sulit dan tidak pernah menyerah dalam mengembangkan usahanya” ujarnya. (*)

Komentar ANDA?