Erni Seda: Kuliah Sambil Kerja Itu Asyik

0
221

KAMIS, 23 Juli 2015 menjadi sebuah kenangan tersendiri bagi 42 wisudawan dan wisudawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) St. Aloysius Oemathonis Kupang. Mereka dengan gagah berani dan anggun masuk ke aula Ballroom Hotel Aston Kupang. Sebuah peristiwa berharga bagi merka ketika mereka secara resmi dikukuhkan menjadi sarjana.

 

Salah satu wisudawati yang ikut dikukuhkan saat itu adalah Patricya Setiawati Seda. Dengan anggun wanita kelahiran kota Kupang, 19 Pebruari 1992 ini maju ke hadapan Ketua STIE Oemathonis yang mengukuhkannya menjadi Sarjana Ekonomi (SE). Dari wajahnya yang cantik itu terpancar senyuman manis seolah menunjukkan kepada hadirin bahwa dia memang menjadi salah satu sosok wisudawati yang beda dengan wisudawan dan wisudawati lainnya. Akhirnya nama Patricya Setiawati Seda bertambah dua huruf lagi menjadi Patricya Setiawati Seda, SE.

 

Erni Seda sapaan akrab gadis manis yang baru memasuki usia ke – 23 ini memang beda dengan para sarjana lainnya saat diwisuda, karena dia sudah bekerja sebagai seorang pegawai honor pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kupang sejak 2011 lalu.

 

Buah cinta pasangan Wenseslaus Seda dan Margaretha Seda Gradus ini mengakui, sebagai pegawai pada Kantor Kementerian Agama yang penuh kesibukan, dia masih ingin melanjutkan pendidikannnya di STIE Oemathonis. Karrna baginya, pendidikan itu sangat menunjang karier. Pendidikan harus terus berjalan demi memperkuat kualitas diri.

 

Tamatan SMK I Kupang, yang sebelumya SMEA Negeri Kupang itu akirnya memutuskan untuk melanjutkan studinya sambil tetap menjalankan tugasnya sebagai pagawai Kemenag Kabupaten Kupang. Dia harus bisa membagi waktu dengan baik agar kerja dan kuliah tidak terbengkelai, dia memutuskan untuk mengakuti kuliah di STIE sebagai kelompok kelas extention.

 

“Memang kuliah sambil kerja itu asyik, namun perlu pengaturan waktu yang baik sehingga salah satunya jangan menjadi korban. Ternyata enak juga kalau kuliah sambil kerja, dan saya memiliki kekuatan besar untuk tetap maju menyelesaikan studi saya dan selesai tepat waktu,” katanya.

Untuk menujukkan kapasitasnya sebagai seorang yang paham betul dunia ekonomi dengan basic ilmu akuntansi di SMK Negeri I Kupang, Erni akhirnya menylesaikan sebuah srkipsi dengan judul “Analisis Efektifitas Penggunaan Anggaran”. Dalam karya ilmiah itu dia membahas berbagai hal terkait efektifitas penggunaan anggaran secara tepat, benar dan efektif.

Erni anak kedua dari tiga bersaudara ini mengakui, anggaran di setiap instansi baik pemerintah maupun swasta sering menjadi persoalan karena itu dia ingin memberikan sumbangan pemikirannya kepada setiap pengelola anggaran untuk memanfaatkan anggaran itu secara efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (iki)

=====

Foto: Erni begitu anggun mengenakan pakaian kebesaran toga ketika diwisuda, Kamis, 23 Juli 2015

Komentar ANDA?