Festival Budaya Lamaholot Digelar Bulan September dI Lembata

0
372

LEWOLEBA. NTTsatu.com – Sesuai rencana, pada bulan September mendatang akan digelar festival Budaya Lamaholot di Lewoleba Kabupaten Lembata. Kegiatan ini akan diikuti oleh masyarakat Lamaholot mulai dari Solor, Flores Timur Daratan, Adonara, Lembata dan Alor.

Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Lembata, Longginus Lega yang dihubungi beberapa waktu lalu di Lewoleba mengatakan festival budaya Lamaholot ini digelar untuk tetap mempertahankan budaya Lamaholot yang satu dan sama antara masyaakat Watan Lema (lima pulau) yang tergabung dalam masyarakat Lamaholot.

“Kita memang sudah mengagendakan kegiatan ini dengan baik antara pemerintah kabupaten Lembata, Flotim dan Alor, karena itu festival ini dilakukan untuk tetap mempererat persatuan diantara warga Lamaholot sendiri dan tetap mempertahankan dan melestarikan budaya Lamaholot. Pemerintah tiga Kabupaten memberikan dukungan penuh untuk kegiatan tersebut,” katanya.

Dia mengatakan, salah satu acara yang dirancang dalam Festival Budaya Lamaholot itu adalah parade Budaya Lamaholot keliling kota Lewoleba. Semua peserta memakai pakaian khas daerah masing-masing sambil memperagakan budaya dan seni masing-masing pulau.

“Ketika parade budaya itu berlangsung, aka nada paralayang yang selalu mengitari parade tu dari udara. Tim paralayang itu sudah siap dan mereka akan dating meramaikan Festival Budaya Lamahlot tersebut,” kata Longginus Lega. (rin)

Komentar ANDA?