FKD – MPU 2015 Digelar di Kupang

0
187

KUPANG. NTTsatu.com –Rapat Gabungan Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama (FKD_MPU) Tahun 2015 digelar di Kupang dengan menghadirkan beberapa pejabat dari Provinsi para Kepala Bapeda, Kepala Biro, Kepala Bagian, Kepala Sub Kepala Bagian, Unsur Sekretariat bersama MPU Provinsi se-Jawa, Bali, Lampung, NTB , NTT, dan SKPD terkait.

Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnoni ketika membuka kegiatan ini di Kupang, Kamis., 30 Juli 2015 mengatakan, setiap daerah tidak bisa maju dan berkembang sendiri, tetapi membutuhkan daerah lain.

Dikatakannya, prinsip utama peradaban manusia sesungguhnya adalah interaksi diantara sesama individu maupun komunal untuk saling mengisi berbagai kesenjangan persebaran sumber daya yang ada.

“Pentingnya kebutuhan kerjasama daerah semakin dirasakan oleh pemerintah daerah yang didorong oleh tumbuhnya kesadaran pemerintah daerah bahwa daerah tidak mungkin hidup, tumbuh, dan berkembang dengan hanya berpijak pada kemampuan sendiri akan tetapi bergantung kepada daerah lain. Konsekuensi logis dari saling ketergantungan inilah yang menempatkan kerja sama daerah sebagai salah satu strategi pembangunan wilayah” ungkap Benny.

Dikatakannya, rapat gabungan memiliki makna yang sangat strategis perannya yakni sebgai media untuk dapat bersinergi memadukan pemikiran guna melahirkan ide konkrit berkenaan dengan perumusan kebijakan umum program pembangunan antar provinsi anggota (FKD_MPD) untuk dilaksanakan tahun 2016 meliputi.

Program, ang akan dilaksanakan tahun depan adalah, Pemberdayaan UKM dalam rangka menyongsong pelaksanaan MEA, pengembangan industri pariwisata melalui penguatan peran Indonesia Tourist Information Center (ITIC).

Selan itu ada pembentukan pusat logistik pangan daerah dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional dan koordinasi dan fasilitasi penanganan masalah sosial berdampak nasional.

Rapat Gabungan diharapkan dapat mengeliminasi berbagai barrier dalam upaya meningkatkan kualiatas Sumber Daya Manusia dalam menyongsong pelaksanaan MEA pada ahkir tahun. Selain itu juga dapat menciptakan “enabling enviroment” bagi pengembangan industri pariwisata. (ayu/bp)

=====

Foto: Wagub NTT foto bersama peserta Gabungan Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama (FKD_MPU)

Komentar ANDA?