Fotografer Mancanegara Ikut Lomba Foto Bawah Laut di Maumere

0
180
Foto: Para peserta lomba foto bawah laut sedang memperkenalkan diri kepada pejabat dan masyarakat di Maumere saat acara pembukaan lomba foto bawah laut, Senin (11/9), di Pusat Jajanan dan Cinderamata

NTTsatu.com – MAUMERE– Dinas Pariwisata Provinsi NTT menggelar lomba foto bawah laut di Kawasan Teluk Maumere di Kabupaten Sikka, Flores Nusa Tenggara Timur (NTT). Sejumlah fotografer mancanegara ikut ambil bagian pada kegiatan yang dijadwalkan 11-15 September 2017 itu.

Kegiatan pembukaan lomba foto bawah laut ini dilaksanakan di Pusat Jajanan dan Cinderamata, Senin (11/9). Acara pembukaan diisi dengan gala dinner bersama para peserta. Sehari sebelumya, panitia penyelenggara telah melaksanakan technical meeting bertempat di Capa Hotel.

Ketua Panitia Lomba Foto Bawah Laut Yohanes Kerans yang ditemui di Pusat Jananan dan Cinderamata, Senin (11/9) malam, menyebutkan sebanyak 60 peserta yang sudah mendaftarkan diri mengikuti kegiatan ini. Di antaranya terdapat 13 peserta dari luar negeri dan Jakarta. Yang dari luar negeri datang dari USA, Spanyol, Italia, Jerman dan Jepang.

“Sebagian besar fotografer dari mancanegera sudah pernah mengikuti kegiatan seperti ini ketika kami gelar di Alor 2014, Lembata 2015, dan Larantuka 2016. Beberapa dari Singapura kali ini tidak sempat ikut karena ada halangan,” papar Yohanes Kerans yang juga adalah Kepala Sub Bidang Pemberdayaan Masyarakat Pariwisata pada Dinas Pariwisata Provinsi NTT.

Yohanes Kerans menjelaskan untuk lomba foto bawah laut ini pihaknya melakukan promosi melalui website dan instagram milik Dinas Pariwisata Provinsi NTT. Para peserta mengikuti informasi tentang kegiatan ini dari dua media tersebut.

Panitia Penyelenggara menetapkan Kawasan Teluk Maumere menjadi areal dari kegitan lomba ini. Setidaknya ada 5-10 spot yang sudah disiapkan oleh Panitia Penyelenggara. Setiap peserta boleh mengirimkan hasil foto sebanyak mungkin kepada Tim Juri untuk dipertimbangkan dalam penilaian.

Untuk lomba foto bawah laut ini, ada dua kategori lomba yakni white angel dan makro. Panitia Penyelenggara menyiapkan hadiah berupa uang dengan total Rp 125 juta untuk enam orang pemenang.

Beberapa peserta dari mancanegara dan Jakarta terlibat pada saat acara pembukaan. Mereka diberi kesempatan memperkenalkan diri kepada publik.

Hadir pada waktu itu antara lain Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera, Wabup Sikka Paolus Nong Susar, Dandim 1603 Sikka Abdullah Jamali, Kapolres Sikka I Made Kusuma, Sekretaris Daerah Sikka Valentinus Tupen, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sikka Kensius Didimus, serta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah.

Pada kesempatan itu Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera membuka secara resmi lomba foto bawah laut mengatasnamai Gubernur NTT Frans Leburaya. Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Yoseph Ansar Rera, disaksikan sejumlah pejabat, peserta, panitia penyelenggara, dan masyarakat.

Menurut Yohanes Kerans, pemenang lomba akan diumumkan pada acara penutupan yang rencananya berlangsung pada Jumat (15/9) di Pusat Jajanan dan Cinderamata. (vic)

Komentar ANDA?