Ganjar Pranowo Tanggapi Ucapan Presiden Jokowi di Borobudur, Begini Katanya

0
616
NTTSATU.COM — SLEMAN —  Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberikan komentar terkait pernyataan Presiden Jokowi dalam pembukaan Rakernas Projo di Balkondes Ngargogondo Borobudur, Sabtu (21/5/2022) lalu. Saat itu, Jokowi meminta para relawan Projo untuk tidak buru-buru menentukan pilihan calon presiden 2024 meski sosok yang didukung ada di lokasi.
Seperti diketahui, Ganjar berada di lokasi Rakernas saat itu, mendampingi Jokowi saat pembukaan. Namun, saat itu belum muncul pernyataan dari Ganjar yang memang didukung sebagian relawan Projo di lokasi.
 

Kepada wartawan usai menghadiri penganugerahan Doktor HC, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di UGM, Senin (23/5/2022), Ganjar mengatakan bahwa ia tak ingin terlalu percaya diri bahwa perkataan Presiden Jokowi saat itu ditujukan padanya. Ia memilih santai menyikapi, meski beberapa kali berusaha menjawab pertanyaan wartawan di Balai Senat UGM dengan candaan.

“Kok misalnya, kok kira-kira, memang kamu Pak Jokowi. Bukan lah, kemarin saya hadir karena saya adalah Gubernur Jawa Tengah, lokasi itu ada di Jawa Tengah, ada kunjungan presiden ya saya hadir. Aja geer-an to,” ungkap Ganjar sembari tersenyum.

Ganjar juga santai menyebut bahwa ucapan Presiden Jokowi yang meminta relawan untuk tidak terburu-buru (aja kesusu) sebenarnya adalah hal biasa saja. “Ya itu kan maksudnya aja banter-banter, ngko nek nabrak pie. Itu saja, tapi saya hadir seturut ketugasan saja. (Apakah itu untuk saya) ya belum tentu karena di situ kan banyak yang hadir,” sambung Ganjar.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi meminta relawan ProJo untuk tidak terburu-buru menentukan pilihan calon presiden 2024 mendatang. Meski begitu, Jokowi memberi kode bahwa sosok yang didukung ada di lokasi Rakernas ProJo itu.

“Urusan politik, aja kesusu sik. Jangan tergesa-gesa. Meskipun, mungkin yang kita dukung ada di sini. Sudah dibilang, jangan tergesa-gesa, aja kesusu,” ungkap Jokowi yang diiringi teriakan-teriakan para relawan.

Saat ini menurut Jokowi, masih terlalu dini untuk menentukan nama calon. Apalagi, partai politik pun belum mengambil sikap mengusung siapa-siapa sebagai calon untuk maju 2024 mendatang.

“Dinamika politik saat ini belum jelas. Partai apa mencalonkan siapa belum jelas. Jangan sampai keliru. Jangan sampai salah. Setuju kita sabar, setuju tidak tergesa-gesa dulu. Kalau sudah jawab seperti itu saya jadi enak, kalau mendesak saya, saya nanti keprucut. Sekali lagi aja kesusu disik, nggih. Nggih, setuju,” ungkap Jokowi diikuti teriakan setuju.

Pada saatnya nanti, Jokowi berjanji akan mengumpulkan seluruh relawan pada pertemuan tingkat nasional untuk membahas hal tersebut lebih detail. Jokowi juga meminta relawan untuk tetap solid dan menunjukkan bahwa semua masih dalam satu tarikan nafas yang sama. (*/bp)

Komentar ANDA?