Gegana Steril Gereja Katedral Larantuka

0
603

NTTsatu.com – LARANTUKA – Ribuan umat dan peziarah mengikuti Misa Perjamuan Kudus Kamis Putih di Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka, Kamis (29/3). Beberapa jam sebelum perayaan ekaristi, Tim Gegana Brimob Kupang melakukan sterilisasi tempat ibadah.

Pantauan media ini, sterilisasi Gereja Katredral Larantuka dimulai sekitar pukul 16.00 Wita. Delapan anggota Tim Gegana membawa lengkap alat steril. Mereka melakukan sterilisiasi di dalam gereja dan di halaman luar gereja.

Di dalam gereja, Tim Gegana memeriksa semua sudut, dari altar hingga tempat duduk. Balkon di lantai atas pun diperiksa. Mereka memeriksa secara cermat dan hati-hati. Usai memeriksa di dalam gereja, Tim Gegana beralih memeriksa halaman gereja. Beberapa tempat sampah yang ada di halaman gereja tidak luput dari sterilisasi.

Perayaan Ekaristi Kamis Putih di Gereja Katedral Larantuka dimulai pukul 18.30 Wita. Satu jam sebelum dimulai, umat sudah mulai berdatangan. Kali ini giliran aparat keamanan dari Polres Sikka yang melakukan pemeriksaan, terutama tas dan barang-barang yang dibawa umat.

Selama pekan Semana Santa, Gereja Katedral Larantuka merupakan salah satu lokasi religi yang sangat penting. Selain sebagai tempat perayaan ekaristi, Gereja Katedral merupakan tempat awal dan berakhirnya Prosesi Jumat Agung.

Kapolda NTT Raja Eman yang ditemui di Gereja Katedral Larantuka mengatakan untuk pengamanan Semana Santa pihaknya juga melibatkan Tim Gegana Brimob Kupang guna melakukan sterilisasi objek-objek religi terutama Gereja Katedral Larantuka.
“Kami sudah turunkan gegana ke lokasi, dan tadi mereka sudah lakukan sterilisasi sebelum perayaan ekaristi dimulai. Ini sebagai antisipasi, kita hindari supaya jangan ada terror-teror. Kita maksimalkan pengamanan supaya tidak terjadi apa-apa,” ujar Raja Eman.
Raja Eman mendatangi Gereja Katedral Larantuka didampingi Kapolres Flotim Arri Vaviriyanto dan sejumlah perwira lainnya. Dia hanya memantau dari luar halaman gereja, karena pada saat itu sedang berlangsung perayaan ekaristi. (vic)

Foto: Tim Gegana Brimob Kupang sedang sterilisasi Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka

Komentar ANDA?