Gelar Perlombaan Untuk Pembentukan Karakter

0
122

KUPANG. NTTsatu.com – Menjelang peringatan HUT RI ke-70, pihak SDI Bertingkat Kelapa Lima 3 Kota Kupang menggelar beraneka perlombaan antar kelas. Perlombahan ini digelar untuk membentuk karakter peserta didik di sekolah ini.

Perlombaan tersebut antara lain pengucapan teks pembukaan UUD 1945, pengucapan janji siswa, menghafal perkalian, dan penggerek bendera. Beberapa kegiatan perlombaan ini dilaksanakan selama dua hari mulai Kamis, 13 Agustus hingga Jumat 14 Agustus 2015 yang melibatkan perwakilan siswa dari kelas III, IV, V dan VI.

Kepala SDI Bertingkat Kelapa Lima 3, Derrall Sonya Sitta, S. Pd, pada Sabtu (15/08/2015) mengatakan, kegiatan menyongsong HUT RI ke-70 di sekolah ini tidak lain bertujuan untuk pembentukan karakter anak didik. Mereka bisa menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk memperoleh kemerdekaan.

Untuk itu, kita gelar beraneka kegiatan peringatan HUT RI tingkat sekolah, agar anak-anak di sekolah ini tidak melupakan begitu saja jasa para pahlwan bangsa terutama para pahlawan kemerdekaan.

“Dengan ini, anak-anak diingatkan bahwa setiap tanggal 17 Agustus itu sebenarnya ada apa, mengapa sehingga kita harus merayakannya. Dan kita harus ingat bahwa bukan kita saja tapi hampir semua sekolah, dari TK sampai SMA bahkan Perguruan Tinggi yang menggelar kegiatan serupa”, tandasnya.

Lebih lanjut, Sonya (sapaan akrab, red), menjelaskan manfaat praktis dari perlombaan yang digelar di sekolahnya yakni melatih dan membiasakan peserta didik untuk menghadapi kegiatan-kegiatan rutin di sekolah seperti upacara bendera setiap hari Senin dan hari besar kenegaraan lainnya.

Menurutnya, beberapa mata lomba yang digelar seperti penggerek bendera, pengucapan janji siswa, dan pengucapan teks pembukaan UUD 1945 merupakan aktivitas rutin yang dilakukan siswa setiap upacara bendera di sekolah. Sedangkan menghafal perkalian, merupakan tuntutan wajib bagi anak SD yang mana anak harus mahir berhitung.

“Jadi bukan hanya sekedar menggelar lomba dan memberi reward kepada siswa yang menjadi pemenang, tetapi lebih dari itu adalah manfaat dan keterterapannya dalam aktivitas dan rutinitas di sekolah”, kata Sonya.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-70 di SDI Bertingkat Kelapa Lima 3 Kupang akan berakhir pada Senin pagi (17/08/2015) dengan upacara bendera. (Jon/bp)

=====

foto: Seorang Murid SDI Bertingkat  Kepala Lima 5 Kupang sedang menunjukkan kebolehannya

Komentar ANDA?