Gerakan Patriot Muda NTT Jakarta Gelar Kegiatan Kirab Budaya

0
181

JAKARTA. NTTsatu.com – Dalam rangka menyongsong peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2015, Gerakan Patriot Muda NTT di Jakarta menyelenggarakan kegiatan Kirab Budaya.

Kegiatan yang melibatkan ratusan warga NTT di Jakara itu dilakukan dengan mengambol tema: ” Bangga Menjadi Indonesia”. Kaum muda NTT memadati bundaran Hotel Indonesia dan menggelar kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian orang muda NTT dalam melestarikan budaya.

Saiaran pers yang dikirim Kons Atagoran warga NTT di Jakarta menjelaskan, lebih kurang 500 orang memadati Bundaran Hotel Indonesia sebagai titik kumpul. Kegiatan kirab budaya yang digelar pada pukul 20.00 hingga 23.00 ini menghadirkan pula tarian Hedung dari Adonara Flores Timur, Hegong dari Sikka, Jai dari Ngada, dan Cakalele dari Maluku.

Antusiasme pemuda dan pemudi NTT sangat tinggi, terlihat dari panjangnya barisan ketika menempuh rute Bundaran Hotel Indonesia, menuju patung kuda Monas.

“Sumpah pemuda 1928 adalah sebuah momentum perubahan yang saat ini menjadi penggerak orang muda untuk bisa mengambil bagian dalam mengisi kemerdekaan dan sebagai upaya untuk menjaga kesatuan negara republik indonesia, dilandasi semangat sumpah pemuda,” ungkap Anton Hurung, Bendahara umum Garda NTT.

Sebagai koordinator hedung, Vian Lamalouk menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan Kirab Budaya. “Saya bangga karena malam hari ini bersama kelompok hedung Angkatan Muda Adonara Jakarta ikut berpartisipasi dalam kirab budaya. Ini adalah salah satu bentuk dukungan dan kepedulian generasi muda untuk melestarikan budaya daerah,” jelas Vian.

Kirab Budaya adalah kegiatan perdana yang dilakukan oleh Garda NTT, dan harapan semua peserta yang hadir dapat menjadi agenda tahunan. Selain mengenang jasa para pemuda, kirab budaya juga dapat dijadikan ajang promosi budaya NTT di kancah Nasional.

Kegiatan yang bernuansa budaya ini pun turut dimeriahkan oleh Akustik Band Garda NTT. Melantunkan lagu-lagu daerah asal NTT, mengiringi langkah pemuda-pemudi NTT yang berbusana daerah bergerak menuju patung kuda monas sebagai titik akhir dari kegiatan ini. (***/bp)

=====

Foto: Ratusan Pemuda/pemudi NTT berbusaha daerah ketika menggelar kegiatan di Jakarta, Selasa (27/10/2015) malam.

Komentar ANDA?