Geser Prabowo Subianto, Ini Kandidat Capres Pilihan Presiden Jokowi

0
519
NTTSATU.COM — JAKARTA — Manuver politik jelang Pilpres 2024 dilakukan sejumlah figur sebagai modal meningkatkan elektabilitas.
Figur politik yang erat dikaitkan bakal jadi capres antara lain, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Ketiga figur ini memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jikalau Prabowo Subianto merupakan pembantu Presiden Jokowi saat ini, Anies Baswedan juga pernah membantu Jokowi sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) di Kabinet Kerja.

Sedangkan Ganjar Pranowo memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi karena keduanya sama-sama kader PDI Perjuangan (PDIP).

Namun, di antara ketiganya, siapa kandidat capres pilihan Presiden Jokowi?

Pengamat politik Emrus Sihombing melihat Jokowi tidak menunjukkan keberpihakan pada salah satu nama yang digadang-gadang maju dalam Pilpes 2024.

Selama Jokowi belum berpihak, maka sulit untuk mengatakan ada atau tidaknya efek Jokowi tersebut.

“Saya kira sangat sederhana. Di situlah menunjukkan presiden tidak berpihak pada salah satu calon. Kalau dia berpihak pada salah satu calon, baru kita mengatakan ada Jokowi effect atau tidak,” kata Emrus, dilansir dari Tribunnews.com, Selasa (26/7/2022).

Emrus menambahkan Jokowi tidak memberikan suatu dukungan verbal maupun non-verbal, langsung atau tidak langsung pada salah satu bakal calon presiden, bahkan terhadap Ganjar Pranowo yang santer disebut-sebut sebagai pengganti Jokowi.

“Sebab itu sangat wajar Jokowi effect belum ada pengaruh terhadap salah satu kandidat. Lain halnya, jika Pak Jokowi memberikan sinyal-sinyal dengan memberikan kriteria-kriteria tertentu calon presiden yang kriteria itu spesifik pada seseorang walaupun tidak sebut namanya. Saya kira itu akan bisa terlihat,” ujarnya.

Sinyal Dukung Ganjar Pranowo

Presiden Jokowi pernah memberikan sinyal terhadap satu di antara figur yang erat kaitannya dengan capres 2024.

Sosok itu tak lain Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Tepatnya saat menghadiri Rapat Kerja Nasional V Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022).

Kala itu Jokowi selaku Ketua Dewan Pembina Projo sempat memberikan kode bahwa boleh jadi tokoh yang akan dijagokan oleh Projo untuk maju sebagai calon presiden turut hadir dalam rakernas.

Selain Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, dan Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi, satu nama yang jadi perhatian dalam kegiatan itu adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Jangan tergesa-gesa. Jangan tergesa-gesa. Meskipun, meskipun, mungkin yang kita dukung ada di sini,” kata Jokowi.

Pernyataan itu seketika disambut sorak-sorai relawan Projo.

Sebagian relawan riuh bertepuk tangan, beberapa meneriakkan nama Ganjar.

Merespons itu, Jokowi kembali menegaskan agar para relawan tidak tergesa-gesa.

“Sudah dibilang jangan tergesa-gesa, ojo kesusu. Ini mau tergesa-gesa ini kelihatannya,” kata dia. (*/bp)

Komentar ANDA?