GMNI Manggarai Kecam Sikap Kadis Pendidikan Matim

0
197

NTTsatu.com – RUTENG – Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia mengecam keras tindakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai Timur yang sudah memperlakukan para guru honor di kabupaten itu tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

GMNI Manggarai menjelaskan, berdasarkan amanat undang-undang no 13 tahun 2003 maka pemerintah mempunyai kewajiban untuk menetapkan peraturan tentang perlindungan, pengupahan, dan kesejahteraan tenaga kerja baik yang bekerja dilembaga sewasta maupun yang bekerja di pemerintahan.

“Sesuai dengan amanat undang-undang no 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan ini, maka Dewan Pimpinan Cabang (GMNI) Manggarai melihat bahwa masalah yang terjadi di dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai Timur terkait dengan pengalihan honorer THL ke Bosda oleh Kadis Pendidikan Manggarai Timur merupakan persoalan yang sangat genting dan krusial,” urai Martinus Abar  Ketua GMNI Manggarai dan Adrianus A. Jeheman Sekertaris GMNI Manggarai melalui press release diterima NTTsatu.com Selasa, 1 Mei 2018.

Dewan Pimpinan Cabang (GMNI) Manggarai menilai bahwa Kadis Pendidikan tidak melindungi para THL di instansi Pendidikan tersebut. Selain itu, kadis pendidikan Manggarai Timur sudah melanggar pengupahan serta kesejahteraan tenaga kerja THL yang ada di instansi tersebut.

Dalam pernyataan pers tersebut , DPC GMNI Manggarai menyatakan sikap:

Pertama: Mendesak Kadis Pendidikan Manggarai Timur untuk mengembalikan honorer dari yang saat ini menggunakan Bosda kembali ke honorer daerah seperti sebelumnya.

Kedua: Mendesak kadis Pendidikan Manggarai Timur untuk meminta maaf kepada seluruh THL yang ada.

Ketiga: Mendesak KadisPendidikan Matim untuk dan mengaktifkan kembali ATM honorer para THL yang selama ini diblokir.

Keempat: Mendesak Bupati Manggarai Timur untuk mencopot Kadis Pendidikan Manggarai Timur dari jabatannya.

Kelima: Meminta DPRD Manggarai Timur untuk meminta kadis Pendidikan untuk mempertanggungjawabkan wewenang yang diputuskan oleh kadis Manggarai Timur. (mus)

Komentar ANDA?