Gonsalu Termasuk 12 Selat di Indonesia Berarus Kuat

0
762

KUPANG. NTTsatu.com – Selat Gonsalu yang terletak antara pulau Flores dan pulau Adonara, kabupaten Flores Timur merupakan sala satu dari 12 selat dengan arus terbesar di seluruh Indonesia. Pihak pengusaha Belanda tertarik untuk membangun listrik tenaga arus di lokasi tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), andre Koreh yang dihubungi di kantornya, Rabu, 23 Desember 2015 mengatakan, sejumlah pengusaha asal Belanda menyatakan niatnya untuk membangun listrik tenaga arus di selat Golsalu yang bisa menghasilkan tenaga listrik mencapai 80 hingga 100 Megawatt (MW).

“Kita juga sudah melakukan pertemuan dengan mereka, dan menurut mereka, sudah melakukan studi di selat Gonsalu dan menyatakan niat mereka untuk membangun listrik di sana. Mereka akan mulai dengan 6 – 8 MW dan akan terus meningkat,” katanya.

Untuk diketahui, arus laut Selat Gonsalu, antara Larantuka dan Adonara Barat diujicoba Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi unit Surabaya untuk menghasilkan energi listrik. Upaya ini untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi warga Larantuka dan sekitarnya dan masyarakat Pulau Adonara.

Pihak Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi unit Surabaya sudah melakukan uji coba pertama kali pada bulan Juni 2010 sudah berhasil. Namun potensi arus laut sangat besar sehingga bulan November ini dilakukan uji coba kedua. (bp)

=====

Keterangan foto: Selat Gonsalu antara pantai Paloh di Larantuka dan tanah Merah di Adonara Barat

Komentar ANDA?