Gubernur Dukung Seminar Nasional “NTT Rumah Pancasila”

0
187
Foto: Ketua FPK, Pius Rengka bersama Kaban Kesbangpol Linmas NTT, Sisilia Sona

NTTsatu.com – KUPANG – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Lebu Raya sangat mendukung rencana Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi NTT yang akan menggelar Seminar Nasional di Kupang Bertajuk “NTT Rumah Pancasila”.

Menurut rencana, seminar nasional yang akan digelar akhir Mei 2017 itu akan dihadiri Presiden Jokowi sekaligus sebagai keynote speaker sebelum menuju Ende untuk mengikuti berbagai kegiatan di Ende pada tangal 1 Juni 2017.

“Kita sudah bertemu Gubernur dan beliau sangat respek terhadap rencana tersebut. Sebuah gagasan besar lahir dari FPK untuk menunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa Pancasila itu lahir di Ende, karena itu sangat pantas NTT menjadi Rumah Pancasila,” kata Ketua FPK NTT, Pius Rengka di Kupang, Rabu, 29 Maret 2017.

Pius menjelaskan, untuk menindaklanjuti rencana tersebut, FPK sudah merancang sejumlah pembicara dari Jakarta dan di Kupang. Presiden Jokowi sebagai pembicara utama dan Gubernur yang akan mengisahkan tentang Pancasila yang merupakan hasil renungan Soekarno selama dalam pembuangannya di Ende.

Selanjutnhya, dalam rapat panitia Seminar Nasional yang  dihadiri Keban Kesbangpol Linmas Provinsi NTT, Sisilia Sona. Rabu (27/3) disepakati beberapa hal antara lain, waktu penyelenggaraan Seminar antara tanggal 30 atau 31 Mei 2017 di Kupang.

Peserta yang diundang adalah selain Presiden, Wakil Presiden ada juga Ketua DPR RI dan anggota DPR RI asal NTT, Ketua DPD RI dan anggota DPD RI asal NTT, Para Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas provinsi se Indonesia, para bupati/walikota bersama Ketua DPRD Kabupaten/Kota se provinsi NTT,  Organisasi Massa yang akan ditentukan kemudian, para mahasiswa pelajar Kota Kupang.

Rapat juga menyepakati bahwa akan ada sebuah prasasti yang dirancang dengan tulisan yang merupakan pernyataan dari Presiden sendiri bahwa benar, NTT harus diakui sebagai Rumah Pancasila”. Prasasti itu  akan ditanatangani presiden dan diletakkan di kaki Sasando yang ada di lantai 2 Kantor Gubernur NTT, Jl Raya El Tari.

“Semua rencana ini akan difinalkan dalam pertemuan dengan Gubernur yang akan segera dilaksanakan untuk menyatukan seluruh rencana FPK dengan rencana Pemerintah Provinsi NTT,” kata Sisilia Sona. (bp)

Komentar ANDA?