Gubernur Ingatkan Pejabat Jangan “Makan Sendiri”

0
213

KUPANG. NTTsatu.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya mengingatkan seluruh pejabat di lingkup pemerintaha provinsi NTT terutama para pejabat yang baru dilantik itu untuk jangan sampai selalu ingat diri dan hanya mau “makan sendiri”.

“Jangan semua tugas itu dijalani sendiri oleh pejabat yang bersangkutan, itu namanya pejabat mau makan sendiri. Kalau ada tugas ya mestinya didistribusikan untuk para pegawai di instansi yang kalian pimpin. Jangan selalu mau makan sendiri,” kata Gubernur dengan wajah amat serius.

Gubernur mengakui, sudah mendapatkan laporan dari berbagai pihak kalau ada pejabat yang berkelakuan seperti itu yakni “mau makan sendiri” dan mengabaikan bawahan mereka. Karena itu dia menegaskan hal itu untuk diperhatikan para pejabat.

“Kalau memang tugas yang tidak bisa diwakili boleh saja pejabat itu jalan, tetapi kalau ada tugas yang bisa diwakili ya didistribusikan juga kepada staf biar semuanya menjadi enak. Jangan mau urus sendir,” katanya.

Menurut Gubernur, jika pejabat bertindak begitu terus menerus maka dia tidak sadar bahwa dia sedang menciptakan jurang untuk dirinya sendiri. Suatu saat bawahannya akan merasa muak dan pada akhirnya mereka akan membangkang.

 

Perhatikan kehadiran staf

Pada tempat yang sama Gubernur juga mengingatkan agar para pejabat harus memperhatikan kedisiplinan stafnya di masing-masing instansi. Sistem absensi elektronik yang dilakukan saat ini juga memang sering kali disalah gunakan, karena sistem titip masih berjalan.

“Nanti kita akan atur supaya secepatnya harus dipasang CCTV di tempat-tempat absensi elektronik itu sehingga bisa ketahuan apakah benar yang melakukan absensi elektrik itu adalah benar orang yang bersangkutan atau tidak,” kata Gubernur.

Hal ini ditegaskannya karena pengalaman membuktikan, ketika melakukan sidak ke beberapa intansi selalu ditemukan banyak staf tidak berada di kantor itu, namun absensinya penuh semua. Ini berarti ada permainan kotor dalam sistem absensi ini karena itu harus dimonitor melalui CCTV tersebut. (bp)

=====

 Foto: Gubernur NTT saat memberikan keterangan kepada wartawan

Komentar ANDA?