Gubernur Ingatkan Pentingnya Kerja Sama Bupati- Wabup

0
131

KUPANG. NTTsatu.com – Gubernur Frans Lebu Raya mengingatkan pentingnya membangun komunikasi dan kerja sama yang baik diantara bupati dan wakil bupati agar roda pemerintahan dan pembangunan terutama pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan sehingga masyarakat yang dilayani makin sejahtera.

Lebu Raya sampaikan ini dalam pidato pelantikan sembilan pasangan bupati dan wakil bupati masa jabatan 2016- 2021 hasil pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu bertempat di Aula Ben Mboi Kupang, Rabu (17/2).

Lebu Raya mengatakan, dari sembilan pasangan bupati dan wakil bupati (Wabup) yang dilantik pada kesempatan ini, tiga pasangan merupakan paket yang sama ketika maju dalam pilkada lima tahun sebelumnya. Ketiga pasangan dimaksud yakni Raymundus Sau Fernandez- Aloysius Kobes (Bupati- Wabup Tmor Tengah Utara/TTU), Marianus Sae- Paulus Soliwoa (Ngada), dan Marthen Dira Tome- Nikodemus Rihi Heke (Sabu Raijua). Ketiga pasangan ini terpilih kembali untuk memimpin daerahnya lima tahun berikut pada pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu karena mereka telah memberi pelayanan yang positif.

“Kerja sama yang baik dibangun selama lima tahun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga mereka kembali terpilih untuk memimpin daerahnya lima tahun ke depan,” kata Lebu Raya.

Sedangkan enam pasangan bupati dan wabup lainnya, lanjut Lebu Raya, bervariasi dimana ada yang baru sama sekali dan sebagiannya adalah bupati atau wakil bupati lima tahun sebelumnya. Walau baru, tapi mereka adalah putera- puteri terbaik yang lahir, tumbuh dan besar di tanah asalnya. Dalam konteks ini, diyakini mereka tentu memahami kondisi, topografi, sosial budaya,sarana- prasarana dan kemampuan daerah. Tentunya mereka juga memahami ketimpangan yang terjadi di daerahnya untuk dicarikan langkah strategis agar rakyat bisa hidup lebih sejahtera.

“Saya ingatkan kembali akan pentingnya kebersamaan antara bupati dan wabup. Karena itu, bersatulah dan saling diskusi sehingga tercipta hubungan yang sinergis untuk membangun daerah dan kehidupan masyarakat makin lebih baik,” tandas Lebu Raya.

Mengingat akan pentingnya kerja sama dan mewujudkan langkah cepat membangun daerah, Lebu Raya tegaskan pentingnya kerja sama. Kalau tiga pasangan bupati yang terpilih kembali, tentunya sudah memahami akan pentingnya kerja sama. Namun untuk enam pasangan bupati dan wabup, hendaklah segera meramu pengalaman untuk mengambil langkah lebih taktis dalam membangun daerah dan masyarakat. Dibutuhkan juga kerja sama dengan dewan, birokrasi, para pendukung bahkan lawan politik pada pilkada lalu. Rangkullah para kompetitor untuk sama- sama membangun daerah.

“Dinamika politik sudah selesai. Perbedaan yang terjadi waktu proses pilkada adalah hal yang lumrah dalam perpolitikan. Setelah dilantik menjadi bupati dan wabup, kamu bukan lagi milik tim sukses, tapi milik semua rakyat. Karena itu, berilah perhatian secara adil dan merata,” pinta Lebu Raya.

Pada kesempatan itu Lebu Raya menggugah tentang langkah besar yang akan diambil pasca dilantik menjadi bupati. Mungkin langkah yang diambil berpedoman pada RPJMD dan tugas harian yang harus dijalankan. Tapi janganlah berdalih bahwa belum bisa menjalankan tugas dan program karena harus beradaptasi dan menyesuaikan diri. Terpilih menjadi bupati dan wabup tentunya masyarakat percaya bahwa kamulah putera- puteri terbaik. Karena itu yang paling penting adalah kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas.

Lebu Raya menegaskan pentingnya snergitas program dan hubungan antarpemerintah. Bukannya hubungan antara kabupaten dan provinsi selesai dengan adanya pelantikan ini. Koordinasi antara tingkatan pemerintah sangat diperlukan. Dalam penyusunan RPJMD, hendaknya ada kaitan dengan RPJMD Provinsi dan RPJMN.

“Selaku wakil pemerintah pusat di daerah, saya ajak mari kita bersinergi dan berkolaborasi membangun daerah ini. Saya percaya, daerah pasti akan maju jika dibangun secara bersama- sama,” ungkap Lebu Raya.

======

Foto: Para Bupati dan Wakil Bupati berjejer sebelum dilantik di Aula Ben Mboy, Rabu, 17 Pebruari 2016

 

Komentar ANDA?