Beranda Sosbud Gubernur Laiskodat Panen Jagung TJPS PK di Omesuri Lembata

Gubernur Laiskodat Panen Jagung TJPS PK di Omesuri Lembata

0
594
NTTSATU.COM — LEMBATA — Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat bersama masyarakat melakukan panen jagung pada program Tanam Jagung Panen Sapi Pola Kemitraan (TJPS PK) di Desa Nila Napo, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, Rabu (26/4/2023).
Gubernur Laiskodat yang didampingi Penjabat Bupati Lembata Marsianus Jawa, dan sejumlah pimpinan OPD Provinsi NTT serta Forkopimda Kabupaten Lembata melakukan panen jagung di lahan milik Wira Usahawan  Mandiri (Wiman) Agustinus Bisa Raring. “Saya senang sekali karena di berbagai tempat yang saya kunjungi, baru di Lembata yang jagungnya sangat bagus,” sebut Gubernur Laiskodat usai panen jagung milik Agustinus Bisa Raring.

Saat itu juga dilakukan launching pengiriman jagung oleh oftaker sebanyak 10 ton. “Hasil panen tadi sebanyak 6,5 ton dan setelah itu digabungkan dengan hasil panen di gudang oftaker sebanyak 10 ton yang dikirim oleh oftajer,” sebut Pimpinan Bank NTT Cabang Lewoleba, Petrus Soba Lewar yang dihubungi SelatanIndonesia.com, Rabu (26/4/2023).

Dijelaskan Soba Lewar, harga jual di wiman/petani yang dibeli oleh oftaker dengan harga perkilo 4.500 x 6.500 kg sehingga hasilnya Rp29.250.000. “Dikurangi pelunasan kredit 10 juta, maka pendapatan wiman Rp19.250.000 yang langsung masuk ke rekening Bank NTT dan tadi kita serahkan langsung Buku Tabungan Bank NTT dihadapan Bapak Gubernur dan Bapak Penjabat Bupati Lembata,” ujar Petrus Soba Lewar.

Ia mengatakan, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pembelian jagung oleh oftaker sekaligus dilakukan pelunasan kredit oleh wiman ke Bank NTT Cabang Lewoleba. Selain panen jagung, Gubernur Laiskodat juga melakukan penandaan hewan ternak sapi sebagai satu kesatuan ekositem dalam TJPS Pola Kemitraan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir saat itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Linus Lusi, Dandim 1624/Flotim, Letkol Inf.Tunggul Jati, Kapolres Lembata AKBP Dr. Josephine Vivick Tjangkung, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata, Danramil 1624-04/Omesuri, Kapolsek Omesuri, Camat Omesuri, dan para kades se Kecamatan Omesuri.(SI/nttsatu) 

Komentar ANDA?