Gubernur VBL Resmikan Alat Penyulingan  :Air Minum di Desa  Umatoos 

0
545

NTTSATU.COM — MALAKA — Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) meresmikan alat Penyulingan air laut di Desa Umatoos Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka didampingi Bupati Malaka Simon Nahak pada Jumat (14/04/23).

Gubernur Viktor dan Bupati Simon disaksikan masyarakat Desa Umatoos secara simbolis meresmikan dan meminum langsung dari keran air hasil penyulingan air laut menjadi air sehat dengan Sistem Osmosis Balik atau Sea Water Reverse Osmosis (SWRO).

“Air sehat ini terbebas dari zat kapur, jernih dan bersih sehingga masyarakat yang mengkonsumsi dapat terbebas dari penyakit. Kedepan saya harapkan semua Desa bisa mengkonsumsi air sehat seperti ini,” ungkap Gubernur Viktor

Di kesempatan yang sama, Bupati Simon Nahak dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi NTT atas tersedianya alat penyulingan air Sistem SWRO di Desa Umatoos.

“Alat penyulingan air Sistem SWRO ini kiranya dapat dijaga dengan baik oleh masyarakat Desa Umatoos. Kemudian Saya minta jagalah alam sekitarnya sebaik-baiknya karena inilah kekayaan kita.
Kita punya pemimpin yang tidak lelah berbuat baik karena itu kita pun wajib menjaga semua bentuk dukungan Pemerintah Provinsi serta menjaga  lingkungan yang dimulai dari diri kita sendiri.” ungkap Bupati.

Kepala Desa Umatoos Sergius F. Klau, mengungkapkan syukur dan apresiasi atas tersedianya alat penyulingan air laut di Desa ini.

“Dalam kunjungan sebelumnya Gubernur NTT hadir di Desa ini dan menyampaikan kewajiban konsumsi air bersih bagi semua Desa, sesuatu yang sebelumnya sulit kami peroleh sebagai masyarakat pinggir pantai dan hari ini kita saksikan langsung peresmian alat penyulingan air laut menjadi bukan cuma air bersih tetapi juga air sehat untuk dikonsumsi oleh kami warga Desa Umatoos, karena itu atas nama masyarakat Desa Umatoos kami menyampaikan terima kasih dan kebanggaan atas tersedianya air sehat di Desa ini.”

Lebih lanjut beliau menyampaikan Desa Umatoos selain memiliki harapan baru berupa alat penyulingan air juga kaya akan potensi pariwisata. Untuk diketahui Desa ini adalah penghasil udang terbesar di Kabupaten Malaka, daya tarik pasir putih di pantai Abudenok dan hutan pohon cemara seluas 10 Km.

Gubernur VBL Tinjau Puskesmas Weoe dan serahkan bantuan kesehatan

Setelah meresmikan alat penyulingan air laut Sistem SWRO di Desa Umatoos, Gubernur VBL dan rombongan kemudian melanjutkan kunjungan ke Puskesmas Weoe Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka.

Adapun ruangan yang ditinjau dimulai dari ruang persalinan, Ruang nifas, Ruang laboratorium, Poli gigi, Poli umum, Ruang tindakan, Ruang konseling, Ruang farmasi dan ruang KIA/KB serta penyerahan bantuan kesehatan berupa kelambu dan  makan tambahan serbuk kelor dan obat cacing kepada anak usia 1 sampai 12 Tahun kepada perwakilan masyarakat serta penyerahan abate kepada Kepala Puskesmas Weoe.

“Dunia kesehatan yang hebat dan maju bukan merawat orang sakit tetapi menjaga orang sehat tidak pernah sakit. Karena itu, saya menghimbau konsumsi makanan seimbang dan kelor kepada setiap keluarga sehingga kebutuhan nutrisi dan gizi terpenuhi. Saya harapkan orang tua wajib memeriksa kesehatan reproduksi dan tes hemogoblin secara teratur serta didukung pengelolaan pangan lokal. Saya himbau sekali lagu kepada Bupati, Dokter, Perawat dan bidan untuk terus meningkatkan kesadaran kesehatan pada  masyarakat,” jelas Gubernur Viktor

Untuk diketahui berdasarkan data  Puskesmas Weoe sejak tahun 2018 nihil angka kematian ibu. (sipers adpim).

Komentar ANDA?