Hadia Harnus, Lembata Dapat Bantuan 30 Kapal Ikan

0
185
Foto: Gubernur Frans Lebu Raya didampingi foto Penjabat Bupati Lembata Petrus Manuk dan Plt. Kadid Perikanan NTT, Ben Polo Maing foto bersama Perwakilan Kelompok Penerima Bantuan kapal ikan

LEWOLEBA. NTTsatu.com – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan saat Hari Nusantara 2016 lalu di Lembata memberikan hadia 100 unit kapal penangkap ikan untuk nelayan di seluruh NTT. Dari 100 kapal itu, Lembata mendapat jatah 30 unit.

Kapal ikan untuk Lembata itu sudah diserahkan secara simbolis oleh Gubernur NTT, Frans Lebu Raya di Lewoleba – Lembata, Kamis, 19 Januari 2017 lalu. Gubernur

Kapal penangkap ikan berkekuatan 3 GT itu merupakan paket bantuan hibah kepada  Kelompok  Nelayan.

Saat penyerahan itu Gubernur  Lebu Raya menjelaskan tentang kayanya potensi laut di NTT yang menurutnya, selain potensi yang ada di darat tapi sesungguhnya daerah ini memiliki potensi yang sangat besar yang ada di laut.

Namun ada hal yang perlu disadari bahwa kultur masyarakat NTT itu bukan kultur bahari tetapi kultur agraris sehingga Pemda Provinsi NTT telah mencanangkan program Gemala (Gerakan Masuk Laut) yang tujuannya mengajak orang yang selama ini bercocok tanam dan bertani agar bisa  turun ke laut dan menjadikan pekerjaan di laut menjadi mata pencaharian.

Gubernur menyatakan, potensi perikanan di NTT terutama di Lembata memang sangat besar namun belum dikelola dengan baik. Karena itu bantuan kapal ikan ini harus dikelola dengan baik sehingga mendatangkan manfaat bagi masyarakat nelayan di daerah ini. (*/bp)

Komentar ANDA?