Halau Covid-19, Masyarakat Lebatukan Wajib Pakai Masker dan Jaga Kebersihan Diri

0
206

NTTsatu.com — LEMBATA —  Koordinator Penanganan Covid 19 Kecamatan Lebatukan, Ir. Petrus Bote Leny mengingatkan kepada masyarakat Lebatukan untuk patuh mengenakan masker dan wajib menjaga keberihan diri. Hal ini penting dilakukan agar mencegah penyebaran Covid 19.

Leny mengatakan hal itu saat pelantikan para Kepala Desa dan BPD oleh Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur di desa Hadakewa, Kecamatan Lebatukan 27/04/2020.

Di saksikan media saat itu hadir, Bupati Lembata Eliaser Yenthji Sunur Camat Lebatukan, Petrus Hare Key Ketua TP, PKK Kabupaten Lembata Ny,  Damayanti Sunur, Ketua TP, PKK Kecamatan Lebatukan Ny, Lu Sherliwiyanti, Kapospol Hadakewa, Danramil dan seluruh jajaran Kepala OPD terkaid dan masyrakat Desa Hadakewa Kecamtan Lebatukan.

Kordinator penanganan covid-19 kecamatan Lebatukan Petrus Bote Leny  kepada masyarakat desa Hadakewa memaparkan terkait penanganan dan penanggulangan covid-19 ini. Menurut Piet Bote  bahwa informasi pemanganan covid-19 ini adalah hal yang sangat penting dan sangat perluh untuk disampaikan kepada masyarakat dan para Penjabat Kepala Desa, BPD se Kecamatan Lebatukan untuk bisa lebih memahami apa itu virus corona dan bagaimana penangananya.

Menurut Piet Bote Leny akhir-akhir ini masyarakat Lembata disibukan dengan virus yang kita istilahkan dengan nama covid-19 ini. Pemahaman tentang covid-19 ini.   mungkin lebih jelasnya kita semua dapat mendengarkan langsung nanti dari pihak kesehatan namun pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan beberapa point penting dalam kaitan dengan virus ini. kata Pit Bote.

Virus corona ini adalah sejenis penyakit baru yang sama sekali tidak pernah dibayangkan oleh  semua orang. Bahkan virus corona ini tiba-tiba saja merambah masuk ke wilayah kita, virus covid -19 tersebut juga tidak hanya ada di wilayah kita tetapi  virus ini secara Nasional bahkan di seluruh dunia pun merasakan hal yang sama.

Untuk iti melaui momentum pelantikan para Kepala Desa dan BPD serta Ibu PKK di Desa Hadakewa Kecamatan Lebatukan ini,  saya selaku kordinator gugus tugas mau mnginformasikan kepada kita semua untuk bagaimana caranya kita mengantisipasi covid ini agar ketika kita terdampak nanti, kita tidak separah yang seperti kita bayangkan.

Kehadiran virus covid-19 ini perlu diketahui secara langsung  apakah dampak virus covid-19 ini dapat diminimalisir tingkat penularanya atau tidak. Pada beberapa minggu sebelum terjadinya lockdown kita semua secara Nasional dan melaui bahkan bapak Bupati Lembata juga sudah secara resmi mengistruksikan kepada kita semua untuk bagaimana caranya kita mawas diri kita agar supaya kita jangan terkontaminasi dengan virus covid-19 ini.

Selama masa pandemi ini,  pihak pemerintah kabupaten Lembata  sudah turun ke masyarakat untuk menyampaikan tentang wabah covid-19 ini,  Karena penyebaran virus ini sangat spesifik, dan kehadiran virus ini tidak disadari.

“Bahkan Kita sendiri juga tidak tahu apakah kita sudah terjangkit atau belum. Kita baru bisa tahu kalau ada orang yang terpapar itu kalau orang tersebut baru datang dari daerah pandemi, untuk itu kita harus waspada,” katanya.

Virus covid-19 ini juga lebih cendrung menyerang orang yang sudah usia lanjut. Bahkan pada orang punya penyakit bawaan. Dengan demikian maka harus menjaga fisik dengan baik. Kalau ada pemyakit bawaan maka  harus bisa menstabilkan diri untuk lebih fit.

Untuk itu diharapkan agar mayarakat harus konsumsi makanan bergisi guna menjaga ketahanan imun tubuhnya.  Orang bilang harus banyak minum vitamin tetapi untuk mendapatkan vitamin itu tentu agak sulit. Sehingga orang di desa harusnya menjaga pola makan dengan baik dengan pangan lokal. (infokom lbta)

Komentar ANDA?