Hanura Merapat ke Roma, PAN ke Alex-Stef

0
763
Foto: Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN Ahmad Johan menyerahkan surat keputusan dukungan kepada Stephanus Say disaksikan Ketua DPC PAN Kabupaten Sikka Philipus Fransiskus

NTTsatu.com – MAUMERE– Dinamika dukungan partai-partai politik di Kabupaten Sikka makin terang benderang pada detik-detik menjelang pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati. Partai-partai politik yang belum memiliki pilihan dukungan akhirnya mulai kelihatan kliblat politiknya.

Sampai dengan satu hari menjelang pendaftaran, masih terdapat dua partai politik yang “menganggur” yakni PAN dan Partai Hanura. Dalam perkembangan terakhir, PAN resmi mendukung pasangan balon Alexander Longginus dan Stephanus Say (Alex-Stef). Sementara Partai Hanura dikabarkan telah merapat ke pasangan balon jalur perseorangan Fransiskus Roberto Diogo dan Romaus Woga (Roma).

Sebelumnya PAN Kabupaten Sikka memberikan rekomendasi dukungan kepada Firmina Sedo Mitang sebagai bakal calon wakil bupati, berpasangan dengan Paolus Nong Susar dari Partai Gerindra. Pasangan balon dengan tagline Prima ini mendaftar pada Partai Gerindra dan PAN.

Partai Gerindra sendiri menerima pendaftaran tiga orang kader sebagai bakal calon bupati. Selain Paolus Nong Susar, kader lainnya adalah Stephanus Say dan Yohanes Eripto Marviadi. DPP Partai Gerindra akhirnya memutuskan Stephanus Say sebagai bakal calon wakil bupati berpasangan dengan Ketua DPC PDI Perjuangan Alexander Longginus.

Dengan realitas ini, PAN langsung mengambil keputusan cepat agar bisa terlibat berpartisipasi pada perhelatan politik di Kabupaten Sikka. Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN Ahmad Johan menyerahkan surat keputusan dukungan kepada Stephanus Say disaksikan Ketua DPC PAN Kabupaten Sikka Philipus Fransiskus. SK tersebut direkomendir untuk mendukung Alex-Stef.

Kombinasi PDI Perjuangan, Partai Gerindra, dan PAN ini pernah terjadi saat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Flores Timur pada tahun lalu. Koalisi tiga partai politik ini akhirnya memenangkan pasangan calon Antonius Hadjon dan Agustinus Boli, yang kini memimpin Kabupaten Flores Timur.
Sementara itu Partai Hanura sendiri, sebelumnya telah mengusung Fransiskus X. Sura sebagai bakal calon wakil bupati berdampingan dengan Alexander Longginus dari PDI Perjuangan. Dalam perjalanan DPP PDI Perjuangan merestui Alexander Longginus berpasangan dengan Stephanus Say.

Dengan kondisi ini, Partai Hanura akhirnya mengambil sikap mendukung Roma. Dukungan ini terlihat jelas ketika sejumlah pengurus Partai Hanura di bawah kepemimpinan Ketua Partai Hanura Kabupaten Sikka Fabianus Boli tampak hadir mengantar Roma mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka, Senin (8/1). Pendaftaran Roma akhirnya ditunda ke Selasa (9/1), karena masalah keterlambatan waktu.

Dengan demikian dari 35 kursi yang dimiliki 10 partai politik di Kabupaten Sikka, praktis semuanya sudah tersebar pada tiga pasangan balon yang akan mengikuti Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sikka Tahun 2018. Roma yang didukung masyarakat plus PKB (2 kursi) dan Partai Hanura (4), Ansar-Raga didukung Partai Nasdem (3), Partai Golkar (5), PKP Indonesia (3), PKS (1), PPP (1), dan Partai Demokrat (4), serta Alex-Stef didukung PDI Perjuangan (4), Partai Gerindra (5), dan PAN (3). (vic)

Komentar ANDA?