Hardiknas Jadi Moment Pembinaan Karakter Anak

0
170
Foto: Gubernur NTT, Frans Lebu Raya saat jadi Irup Hardiknas

NTTsatu.com – KUPANG – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei  ini merupakan moment penting untuk meneguhkan komitment meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan.

“Pendidikan harus menghasilkan Sumber Saya Manusia yang berilmu, berteknologi dan harus berkarakter Pancasila. Nilai Pancasila saat ini sangat penting yang harus di perhatian oleh semua pihak mau itu Pemerintah, Sekolah bahkan orang tua,” kata Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dalam pidatonya saat memperingati Hardiknas di Alun-alun rumah Jabatan Gubernur, selasa (2/5).

Dikatakannya, Pancasila harus menjadi dasar membina dan membangun karakter anak-anak sehingga anak-anak dipupuk oleh jiwa pancasila yang akan berdampak pada masa depannya kelak.

Lanjutnya, dari pendidikan bukan hanya menghasilkan manusia Indonesia yang cerdas namun harus berjiwa pancasila yang berkarakter, sehingga nantinya akan tumbuh secara mental yang baik sehingga membangun daerah ini dengan semangat Pancasila.

Orang tua juga kata Gubernur dua periode ini, menjadi patokan untuk didikan di luar sekolah. Jangan pernah berhenti mendidik dan menanamkan yang baik bagi anak, karena kegiatan-kegiatan ekstranya merupakan pelajaran yang harus diisi untuk membangkitkan semangat pergaulannya di luar.

“Memang secara konstitusional pendidikan merupakan tanggungjawab pemerintah namun secara moral pendidikan merupakan tanggung jawab orang tua sejak dini,” kataya.

Dia melanjutkan, “Orang tua juga berperan sangat penting dalam mendidik anak di rumah, oleh karena itu tanamkan nilai-nilai yang baik bagi di rumah,” katanya.

Gubernur juga mengulas kembali sambutan mentri pendidikan bahwa kita harus kembali mengunjungi sekolah dan melihat guru-guru yang pernah berjasa untuk mendidik kita.

“Saya selalu mengunjungi sekolah-sekolah saya, dari SD, SMP dan SMA, ini sangat penting untuk memotivasi anak-anak murid yang ada di situ sehingga mereka juga mengenal siapa alumni dan bagaimana alumni menjadi sukses,” Tegasnya. (Ambu)

Komentar ANDA?