Hari ini Pendataan Regsosek 2022 di Sikka,  Petugas Akan Mendatangi Rumah Warga

0
476

NTTSATU.COM — MAUMERE —  Pendataan Regsosek 2022 serentak di Kabupaten Sikka akan dimulai pada 15 Oktober sampai 14 November 2022 mendatang. Badan Pusat Statistik Kabupaten Sikka berharap warga memberikan data yang akurat.

Pada hari pertama, pendataan diawali seharusnya di rumah jabatan Bupati Sikka namun Bupati Sikka pada hari ini ada kesibukan yang sudah terjadwal sehingga kami langsung turun memonitoring kegiatan pendataan di hari pertama di kecamatan Talibura Sedangkan hari kedua dan seterusnya mendata seluruh penduduk.demikian di sampaian kepala BPS Kabupaten Sikka Kristanto SST MSI ketika di temuhi di lapangan saat melaksanakan pengawasan hari pertama pendataan Regsosek di Desa Bangkoor RT.08 RW.1 Kecamatan Talibura Sabtu (15/10 2022)

Kriastanto sapaannya menjelaskan, Regsosek adalah pendataan secara komprehensif penduduk Indonesia yang melingkupi demografi, perumahan, kondisi disabilitas, kepemilikan aset hingga informasi geospasial. Pelaksanaan Regsosek ini merupakan titik utama dari perjalanan panjang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Regsosek memiliki dua pilar. Pertama, proses pemutakhiran data sehingga akan lengkap dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Pilar kedua, melungkupi terintegrasinya berbagai program yang dijalankan pemerintah, dimana saat ini masih terpisah

“Dengan Regsosek ini berharap intervensi dilakukan bisa konvergen di semua tingkatannya dan mencapai sasaran target dengan tingkat kebenaran yang tinggi,” harapnya.

Tentunya diharapkan peran Peraturan Bupati Sika itu dapat sejalan dengan Regsosek yang akan dilakukan sehingga hasil pendataan Regsosek dapat menjadi dasar yang diintegrasikan dengan parameter kemiskinan,” tandasnya.

Kristanto menyebut, dalam konteks Kabupaten Sikka , saat ini telah diterbitkan Peraturan Bupati Sikka tentang Parameter Pendataan Penduduk Miskin di masyarakat Nian tanah yang digunakan dalam pemberian tujuh manfaat Kartu Depok Sejahtera (KDS). Antara lain BPJS PBI, pendidikan, Rumah Tidak Layak Huni, santunan kematian, bantuan pangan, pelatihan kerja, dan bantuan bagi disabilitas.

Tentunya diharapkan peran Peraturan Bupati Sikka itu dapat sejalan dengan Regsosek 2022 sehingga hasil pendataan Regsosek dapat menjadi dasar yang diintegrasikan dengan parameter kemiskinan,” tandasnya.

Kristanto mengharapkan “Mari kita sambut petugas pendata yang sudah dilatih oleh BPS Kabupaten Sikka tentang pendataan Regsosek 2022 di rumah anda., Berikan keterangan tentang sosial ekonomi keluarga dengan benar, lengkap dan sejelas-jelasnya,”

Ia juga mengimbau bagi masyarakat Nian tanah saat berlangsungnya proses pendataan Regsosek 2022 harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menerapkan 5 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Mari kita Sukseskan pendataan Regsosek 2022, (ino)

======

Foto: Kepala BPS Sikka Kridtanto SST MSI di dampingi kabag TU Sikka Jhon Djami SE melakukan monitoring pendataan REGSOSEK 2022 hari pertama Desa Bangkoor RT.08 RW.01 Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka

Komentar ANDA?