Hari Ini, Umat Katolik Seluruh Dunia Misa di TPU

0
236
Foto: Umat berbaur bersama para frater memasang lilin di kuburan para Romo di pemakaman Seminari Tinggi St Mikhael Kupang

KUPANG. NTTsatu.com – Tanggal 02 November setiap tahun, sesuai tradisi Gereja Katolik diperingati sebagai hari jiwa-jiwa umat beriman di Api Penyucian yang harus ditolong dengan doa. Karena itu, setiap tanggal itu, umat Katolik seluruh dunia merayakan perayaan misa kudus di Tempat Pemakaman Umum.

Seperti hari ini, Rabu, 02 November 2016, umat Katolik di Kota Kupang melakukan hal yang sama. Di TPU Kelurahan Penfui, Liliba dan pemakaman Seminari Tinggi St. Mikhael Penfui Kupang ratusan umat Katolik mengikuti perayaan misa kudus dengan sangat khususk.

Seperti disaksikan di Tempat Pemakaman para pastor di Seminari Tinggi St Mikhael, ratusan umat bergabung bersama para pastor dan Frater merayakan Misa Kudus di tempat itu. Beberapa umat mengikuti misa kudus sambil berlinangan air mata, mereka pasti memikirkan sanak saudara, orang tua atau anak-anak mereka yang sudah meninggal.

Romo Faris, Pr dalam kotbahnya saat memimpin misa kudus itu mengatakan, hari ini jiwa-jiwa di Api Penyucian mdndapatkan rahmat belas kasih dari Tuhan karena doa-doa yang dipanjatkan dengan hati yang tulus untuk keselamatan mereka.

“Kita berharap dengan doa dank urban misa kita petang ini dosa-dosa mereka bisa diampuni dan mereka dapat menikmati kebahagiaan surgawi,” kata Romo Faris.

Usai perayaan misa Kudus, umat yang datang membawa lilin langsung menyerbu makam para pastor. Mereka juga memasang lilin di kaki Salib besar dengan kepercayaan, lilin itu untuk sanak saudara dan keluarga mereka yang dimakamkan di tempat pemakaman lainnya. (bp)

 

Komentar ANDA?