Hari Kedua KTT ASEAN 2023, Para Kepala Negara Kenakan Motif Tenun NTT

0
849

NTTSATU.COM — LABUAN BAJO — Hal unik sekaligus membanggakan bagi masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur tercipta pada Hari Kedua Penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN yang bertempat di Hotel Meruorah Labuan Bajo pada Kamis 11 Mei 2023. Pada momen tersebut Presiden RI Joko Widodo bersama para kepala negara lainnya mengenakan busana motif tenun ikat dari Provinsi NTT.

Ini merupakan hal yang unik dan tentunya kebanggaan bagi masyarakat NTT serta memberikan pesan tersendiri bagi negara peserta terkait aset budaya yang dimiliki Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menghaturkan terima kasih yang tak terhingga kepada Presiden Joko Widodo yang telah mempromosikan tenun motif NTT pada penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.

“Hari ini kita menyaksikan para pemimpin ASEAN menggunakan jas tenun motif NTT. Ini tentu menjadi kebanggaan yang sangat luar biasa bagi seluruh masyarakat NTT. Hasil karya intelektual para perempuan NTT yang diwariskan secara turun temurun sejak dahulu kala, hari ini dipakai oleh para pemimpin ASEAN. Terima kasih yang tak pernah habis dari seluruh rakyat NTT kepada Presiden Joko Widodo yang sangat mencintai NTT,” kata Gubernur VBL.

Dalam berbagai kesempatan, Wakil Gubernur Josef Nae Soi (JNS) juga selalu menekankan motif tenun ikat adalah kekayaan intelektual yang diturunkan secara turun-temurun oleh nenek moyang masing-masing daerah.

“Tenun ikat ini adalah kekayaan intelektual. Pantas dikatakan demikian karena tenun ikat dengan beragam motif dan warna dibuat dengan kecerdasan nenek moyang yang hingga saat ini kita wariskan. Ada makna dan nilai tersendiri dari masing-masing motif ini. Harus terus dilestarikan dan ini menjadi kebanggan bagi kita semua,” kata Wagub Nae Soi.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam kegiatan jumpa pers bersama awak media di kantor Gubernur, Kamis, (27/4) lalu, Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi mengungkapkan, para kepala Negara ASEAN akan diberikan baju tenun motif NTT yang disiapkan secara khusus oleh Dekranasda NTT dan berbagai cindera mata khas NTT lainnya. ( sipers adpim/ nttsatu)

Komentar ANDA?