HARKONAS Ditandai Jalan Sehat

0
202

KUPANG. NTTsatu – Para pelaku usaha atau pedagang diharapkan tidak hanya mengejar keutungan dari bisnis mereka, tetapi hendaknya memperhatikan keamanan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan hidup.

Wakil Gubernur, Benny Alexander Litelnoni mengatakan hal itu sebelum melepas sekitar 1000 peserta jalan sehat pada Hari Konsumen Nasional yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Timur dan disponsori oleh Dinas Perikanan dan Kelautan. Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur El-Tari Kupang, Jumad (24/4) pagi.

Wagub memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana kegiatan jalan santai ini. Dia mengatakan, kegiatan jalan santai ini memiliki berbagai manfaat karena selain memupuk kebersamaan dalam nuansa olahraga sehat juga terkandung nilai-nilai perlindungan konsumen yakni menjadikan pembeli sebagai “Konsumen cerdas”.

Menurutnya, menjadi konsumen cerdas itu dengan cara memperhatikan dengan teliti sebelum membeli produk, memperhatikan label dan garansi produk dalam bahasa indonesia, tegakan hak dan kewajiban sebagai konsumen, membeli sesuai kebutuhan bukan keinginan, Memperhatikan masa kedaluarsa produk dan bertanda Satandar Nasional Indonesia (SNI).

Sedangkan Kepala Dinnas Perindag NTT, Bruno Kupok yang diwakili Kirenius Tallo, Kepala bidang Perdagangan dalam Negri mengatakan, Hari Konsumen Nasional Tahun 2015 diperingati dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan. Dimulai dari kegiatan publikasi melalui media cetak, yaitu penyebaran informasi melalui berbagai brosur dan leafet serta media elektronik yaitu dialog interaktif dan suara publik di RRI dan TVRI Kupang, pemasangan spanduk dan Kegiatan Jalan sehat pada hari ini.

Menurut Bruno Hari Konsumen Nasional dimaksudkan untuk meningkatkan Harkat dan Martabat Konsumen akan kesadaran, pengetahuan, dan kemampuan untuk melindungi dirinya serta menumbuhkembangkan sikap jujur dan bertanggung jawab para pelaku usaha dalama berusaha, serta mendorong pembentukan jejaring komunitas perlindungan konsumen dengan tujuan agar masyarakat dapat memahami hak-hak dan kewajibanya sebagai konsumen dalam melindungi diri dari hal-hal yang dapat merugikan dirinya sendiri.

Jalan sehat dalam rangka memperingati HARKONAS ini dimaksudkan untuk mempererat tali persahabatan antara semua pihak baik pemerintah maupun para pelaku usaha.

Kegiatan Jalan Santai ini dihadiri Kapolda NTT, Brigjen Endang Sunjaya, Kadis Pertambangan Thobias Uli, Kepala bagian Lingkungan Hidup Provinsi NTT, Fredi Tielman, Kepala Badan Perpustakaan Daerah Provinsi NTT, Benyamin Lola. Sementara peserta Jalan Sehat yang terdiri dari unsur: SKPD terkait lingkup Provinsi NTT, Pelajar dan mahasiswa lingkup Provinsi NTT, Pelaku usaha dan asosiasi di kota kupang, Masyarakat Konsumen Kota Kupang. (ayu)

Komentar ANDA?